DPRD Maluku Tetapkan Rekomendasi LKPJ Gubernur Tahun 2020

oleh -26 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku menggelar Rapat Paripurna dalam rangka penyampaian Laporan Hasil Kerja Pansus terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Maluku Tahun Anggaran 2020 di Ruang Paripurna, pada Kamis (3/6/2021).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury dengan dihadiri peserta rapat baik secara langsung maupun melalui virtual, sedangkan penyampaian laporan tersebut dibacakan secara langsung oleh Ketua Pansus, Benhur Watubun.

Dalam laporannya dikatakan, untuk memaksimalkan kerja-kerja DPRD dalam mengevaluasi dan menilai LKPJ Gubernur Maluku Tahun 2020, DPRD telah menetapkan Keputusan DPRD Provinsi Maluku Nomor 04 Tahun 2021 tanggal 16 April 2021 Tentang Pembentukan Pansus LKPJ Gubernur Maluku Tahun 2020.

Baca Juga  Besok, DPRD Gelar Paripurna Penetapan Ranperda LPJ Gubernur Maluku Tahun 2020

“Berdasarkan itu, Pansus kemudian melakukan kerja-kerjanya sebagaimana keputasan DPRD nomor 04 Tahun 2021, dimana proses kerja Pansus terhadap LKPJ ini dapat disampaikan”, ujarnya.

Dijelaskannya, pada tanggal 2 Juni 2021 Pansus telah merumuskan rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Gubernur Maluku Tahun 2020 yang materi muatannya disusun dalam sistematika sebagai berikut :

  1. Umum
  2. Penilaian Kelengkapan dan Kelayakan Dokumen
  3. Capaian Kinerja Pembangunan Ekonomi Makro Daerah
  4. Capaian Kinerja Keuangan Daerah
  5. Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU)
  6. Capaian Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) dan Pelaksanaan Program dan Kegiatan
  7. Capaian Kinerja Pelaksanaan Tugas Perbantuan dan Tugas Umum Pemerintahan
  8. Penutup yang berisi kesimpulan dan rekomendasi-rekomendasi lainn.

Sementara itu usai rapat, Wattimury mengatakan rekomendasi LKPJ ini berkaitan dengan kinerja dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Oleh karenanya pansus telah membahas LKPJ yang dimaksud dan melihat sejauh mana tingkat keberhasilan dari setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh setiap OPD.

Baca Juga  Dandim Hadiri Peringatan HUT Kota Ambon ke 446 Tahun

“Pada prinsipnya rekomendasi LKPJ itu, hanya memperbaiki kinerja dari setiap OPD. Kalau ada yang belum maksimal dalam tahun anggaran 2020 di dalam LKPJ, maka akan dilakukan upaya supaya hal tersebut meningkat pada tahun 2021 dan tahun-tahun selanjutnya. Apalagi di tahun 2020 dan 2021 kita mendapat opini WTP, maka kinerja kita mesti lebih baik dan diharapkan sangat bisa mendorong tugas-tugas pemerintahan yang dilaksanakan oleh masing-masing OPD”, ujarnya.

Dirinya juga menambahkan, bahwa hasil rekomendasi ini telah disiapkan untuk diserahkan kepada Gubernur Maluku. (alena)

No More Posts Available.

No more pages to load.