DPRD Maluku Usul 3 Nama Pj. Gubernur ke Mendagri

oleh -290 views

Porostimur.com, Ambon – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku secara resmi memilih tiga nama calon Penjabat Gubernur Maluku untuk diusulkan ke Presiden melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Proses pemilihan calon Penjabat Gubernur Maluku itu berlangsung di Kantor DPRD Maluku, Kawasan Karang Panjang – Ambon, Rabu (29/11/2023).

Ketiga calon yang terpilih yaitu Rektor IAIN Ambon Zainal Abidin Rahawarin, Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi pada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Mayjen TNI Dominggus Pakel, dan Staf Ahli Menteri PANRB Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jufri Rahman.

Ketua DPRD Provinsi Maluku Benhur G. Watubun, mengatakan, berdasarkan peraturan Mendagri No. 4 Tahun 2023 bahwa ada dua pihak yang akan mengusulkan nama-nama calon penjabat gubernur kepada presiden yaitu menteri wajib sebanyak tiga orang dan DPRD juga mengusulkan tiga nama, dan hari DPRD Provinsi Maluku telah memilih tiga nama calon tersebut.

Dalam proses pemilihan nama-nama calon tersebut total jumlah suara sebanyak 42 suara dari 45 orang total anggota DPRD Provinsi Maluku dengan keterangan 2 diantaranya tidak hadir dan 1 orang yaitu Wahid Laitupa memilih abstain atau tidak memilih, pada putaran pertama pemilihan Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin dan Mayor Jenderal TNI Dominggus Pakel memperoleh jumlah suara yang sama sehingga dilakukan pemilihan putaran kedua.

“Kita lihat dengan jelas rekan-rekan telah memberikan suara kepada figur-figur terbaik dan ditemukan dia nama yang memperoleh suara yang sama kemudian dilakukan pilihan putaran kedua untuk dua calon yang sama dan sesuai dengan tata tertib pemilihan maka nama dengan perolehan suara terbanyak pertama yang akan memperoleh peringkat pertama,” jelasnya.

Baca Juga  Kemenpan-RB Gelar Asistensi Peningkatan RB, SAKIP, dan ZI Wilayah III di Ambon

Dalam penyusunan perangkingan berdasarkan suara terbanyak Prof. Dr. Zainal A. Rahawarin, M. Si yang pertama, Mayor Jenderal TNI Dominggus Pakel, S. Sos. M. M. Si. , dan yang ketiga adalah Drs. H. Jufri Rahman, M. Si. Nama-nama itulah yang akan kita usulkan ke Mendagri paling lambat pada tanggal 6 Desember 2023.

Ketua DPD Partai PDI Perjuangan Maluku itu juga menegaskan bahwa terkait sengketa norma yang dituntut oleh Gubernur penyelesaiannya bukanlah di DPRD namun DPRD hanya melakukan tugas sesuai dengan surat Mendagri nomor 100/1/2/3.3/6066/ SC tanggal 10 November 2023 yang menegaskan kepada 5 ketua DPRD untuk segera mungkin menyampaikan usulan calon pj gubernurnya.

“Kami berpikir bahwa sengketa norma itu dia bukan penyelesaiannya di DPRD karena kami merujuk pada surat Mendagri nomor 100/1/2/3.3/6066/ SC tanggal 10 November 2023 yang menegaskan kepada 5 ketua DPRD untuk segera mungkin menyampaikan usulan calon pj gubernurnya dan dapat dilihat sendiri kita lakukan secara terbuka dan kita harapkan salah satu dari 3 nama ini akan ditetapkan oleh Presiden menjadi PJ gubernur Maluku pada tanggal 1 Januari 2024 sampai 31 Desember 2024,” pungkasnya. (Nurfauzia)

Baca Juga  Ini Tren Baju Lebaran 2024, Siap-siap Berburu!

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.