DPRD Umumkan Pemberhentian Gubernur dan Wagub Maluku

oleh -588 views

Porostimur.com, Ambon – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku, secara resmi mengumumkan pemberhentian masa jabatan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno. 

Pengumuman pemberhentian Murad-Orno, berlangsung dalam sidang paripurna DPRD yang dipimpin Ketua DPRD Benhur Watubun, didampingi Wakil Ketua DPRD Melkianus Sairdekut dan Rasyad Latuconsina, Jumat (1/12/2023).

Pemberhentian berdasarkan Pasal 201 ayat (5) UU Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pilkada maka Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota hasil pemilihan tahun 2018 berakhir masa jabatannya pada 31 Desember 2023.

Pada kesempatan tersebut, DPRD menandatangani berita acara pengumuman pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah Provinsi Maluku, Nomor: 100.3.7/16/DPRD tanggal 1 Desember 2023.

“Tanggal 1 bulan Desember tahun 2023 telah diselenggarakan rapat paripurna DPRD Provinsi Maluku dalam rangka pengumuman pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada tahun 2023,” tandas Penjabat Sekwan Fara Samal.

Rapat Paripurna hanya diikuti 30 anggota DPRD Provinsi Maluku, Rektor Universitas Pattimura Ambon yang baru dilantik Fredy Leiwakabessy, Ketu Bawaslu Maluku Subair, Perwakilan TNI dan Polda Maluku, serta KPID.

Ketua DPRD Provinsi Maluku, Benhur Watubun mengatakan, rapat paripurna ini dilaksanakan untuk memenuhi salah satu proses dan persyaratan kelengkapan administrasi dalam rangka pengusulan dan penetapan pemberhentian Gubernur Maluku dan Wakil Gubernur Maluku periode 2019-2024.

Pengusulan itu juga berdasarkan surat nomor: 100100.2.1.3/6066/SJ tanggal 10 November 2023 perihal usulan tiga nama calon Pj Gubernur Maluku yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Tito Karnavian.

Baca Juga  Setubuhi 5 Bocah, AF Dibekuk Personel Polresta Ambon

Salah satu poinnya menyebutkan bahwa masa jabatan gubernur Maluku akan berakhir pada bulan Desember, tepatnya 31 Desember tahun 2023.

“Perlu kami sampaikan bahwa rapat paripurna ini dilaksanakan untuk memenuhi salah satu proses dan persyaratan kelengkapan administrasi dalam rangka pengusulan dan penetapan pemberhentian Gubernur Maluku dan Wakil Gubernur Maluku masa jabatan 2019 – 2024,” kata Watubun.

Untuk itu, pimpinan DPRD akan menyampaikan usulan kepada Presiden RI melalui Kemendagri dalam rangka pemberhentian Murad dan Orno.

“Atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD Maluku menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Gubernur dan Wakil Gubernur atas pengabdiannya selama ini,” tandasnya. (red)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

Baca Juga  Lelang 6 Jabatan Pimpinan OPD di Pemprov Maluku Utara Sepi Peminat


No More Posts Available.

No more pages to load.