Dua Kapal Ditpolairud Polda Maluku Utara Tiba di Ternate

oleh -134 views
Link Banner

Porostimur.com, Ternate – Dua unit kapal Ditpolairud Polda Maluku Utara pemberian Mabes Polri, akhirnya tiba di Kota Ternate, Selasa (6/12/2022).

Direktur Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polda Malut Kombes (Pol) Raden Jarod Agung Riyadi menyampaikan pemberian dari Mabes Polri untuk Ditpolairud Polda Malut tersebut akan digunakan untuk melakukan patroli guna mengantisipasi adanya pelanggaran yang terjadi di wilayah perairan di Malut.

Dua unit kapal patroli dari Mebes Polri tersebut, diangkut menggunakan kapal cargo tujuan Surabaya-Ternate dengan waktu kurang dari seminggu.

Dua kapal yang telah tiba di Ternate tersebut adalah KP Gamkonora dan KP Sibela.

Agung Riyadi usai melakukan uji coba dua unit kapal mengatakan, ada tiga kapal baru dari Mebes Polri untuk Polda Malut.

“Sementara tiga kapal, nanti yang satu kapal akan menyusul, karena kapal kargo yang kita tumpangi tersebut tidak bisa mengakut sekalian tiga unit, makanya dikirimkan bertahap,” ungkapnya.

Djarod bilang, kehadiran tiga kapal yang baru tiba tersebut merupakan kerjasama antara Biro Logistik Polda Malut dan Aslog Mabes Polri.

Kapal ini kata Djarod, adalah kapal Tipe C2 dengan spesivikasi kapal panjang 15 meter dan lebar 5 meter dengan kapasitas mengangkut 30 personel.

“Kapal ini desain awalnya adalah untuk mengangkut satu mobil, tapi meski tidak bisa angkut mobil, kita tetap bersukur,” katanya.

Untuk pengoperasian kapal kata Djarod, sementara masih akan dipakai di Ternate sambil melihat situasi dan kondisi kedepan.

“Sementara masih di Ternate dulu sambil kita lihat situasi, kalau memang bisa geser ke wilayah maka akan kita geser ke wilayah,” akunya.

Nama tiga kapal baru tersebut adalah KP. Kie Matubu dari Kesultanan Tidore, KP Gamkonora dari Kesultanan Jailolo, Halmahera Barat dan KP Sibela dari Kesultanan Bacan, Halmahera Selatan.

“Nama ini kita ambil dari nama gunung yang ada di Malut termasuk KP Gamalama yang sudah dipakai sebelumnya dan ini kita adopsi dari empat Kesultanan yang ada,” katanya.

Sementara untuk peresmian, akan dilakukan setelah 1 kapal tiba dan akan dihadiri oleh 4 Sultan di Kesultanan masing-masing.

“Bahkan, kita juga akan ambil air di masing-masing Kesultanan untuk disiram ke kapal sekaligus dengan syukuran,” pungkasnya. (Amir)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.