Dua Pasang Pengantin Nikah di Gua, Maharnya Satu Toples Belalang Goreng

oleh -155 views
Link Banner

Porostimur.com, Gunungkidul – Dua pasang pengantin asal Yogyakarta melangsungkan pernikahan unik dan beda dari biasanya. Kedua pasangan ini menikah di dalam Gua Ngingrong berkedalaman 80 meter di bawah permukaan tanah. Mas kawin yang dipilih di antaranya belalang goreng.

Dua Pasangan yang berbahagia itu adalah Yudi Nuryanto dan Arismawati serta Rumadi dan pujaan hatinya, Rika.

Untuk menuju lokasi pernikahan, dua pasang pengantin, keluarga, penghulu dan tamu lainnya harus berjalan kaki turun tangga yang sudah dijaga pemandu wisata setempat.

Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 20 menit, sampailah di dasar lembah. Perjalanan dilanjutkan menyeberang sungai kecil dengan kondisi jalan licin.

Ijab qabul dimulai dari pasangan Yudi Nuryanto warga Wukirsai, Cangkringan, Sleman dan Arismawati, warga Pekembinangun. Dilanjutkan pasangan Rumadi dan Rika, warga Ringinharjo.

Baca Juga  Amankan PON XX Papua, Brimob Maluku Juga Berbagi Nasi Bungkus

Prosesi ijab kabul dilakukan sambil duduk di bebatuan sekitar mulut gua dipimpin Kepala KUS Wonosari, Harsono dengan saksi nikah Lurah Desa Mulo, Sugiyarto; Panewu Wonosari, Siswanto; dan Ryan Budi Nuryanto, Ketua Golek Garwo Fortais dan Nikah Bareng Nasional.

Selain menikah di tempat unik, kedua pasangan ini juga memberikan mas kawin seperangkat alat salat dan setoples belalang goreng yang merupakan makanan khas Gunungkidul.

Ketua Golek Garwo Fortais dan Nikah Bareng Nasional, Ryan Budi Nuryanto mengatakan, pernikahan unik ini menjadi yang pertama di Indonesia.

“Prosesi ini sengaja digelar di sini untuk menyambut datangnya Ramadhan, sekaligus mempromosikan Gua Ngingrong sebagai salah satu destinasi wisata,” katanya.

Baca Juga  Alasan Mahasiswa Korea Selatan Boikot Penayangan Mulan

Sementara Rumadi mengaku senang dan bahagia bisa melangsungkan pernikahan secara unik di gua.

“Senang pastinya. Mohon doanya semoga bahagia dan langgeng selamanya,” katanya. (red/sindonews)