Dua Rekomendasi Penanganan Bencana di IAIN Ambon

oleh -28 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Dalam rangka mencegah terjadinya susulan tanah bergerak di IAIN Ambon, Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs. Royke Lumowo, M.M., menginisiasi rapat koordinasi penanggulangan bencana antara Polda Maluku dan instansi terkait di ruang rapat Polda Maluku, Jumat (7/6), sekitar pukul 15:55 WIT.

Pertemuan dihadiri oleh Kepala BPBD Provinsi Maluku, Kadis PU Provinsi Maluku, Kepala Basarnas Provinsi Maluku, Sekertaris Kota Ambon, Kepala PLN, Kodam, Kapolres Pulau Ambon, Rektor IAIN Ambon beserta staf pimpinan, BMKG Provinsi Maluku, dan instansi terkait lainnya.

Kapolda Maluku, Royke Lumowo menegaskan bahwa pertemuan ini dimaksudkan untuk mengambil langkah-langkah bersama dalam rangka meminimalisir terjadinya pergerakan tanah susulan yang telah menyebabkan retaknya gedung perpustakaan di kampus tersebut.

Baca Juga  Pidato Jokowi Beda dengan yang Dirasakan Rakyat

Kapolda menegaskan, informasi yang dikatakan oleh rektor IAIN Ambon, setelah dipantau oleh tim Dinas PU Kota Ambon, potensi longsor sudah jelas. Apalagi, tanah yang tadinya normal sudah turun lebih dari dua meter.

Link Banner

“Ketakutan kita yakni, kalau tidak ada langkah-langkah penanggulangan, bisa jadi saat terjadinya longsor akan merembet ke gedung lain. Lagian, jarak antara perpustakaan dengan rektorat sangat dekat”, tuturnya.

Pertemuan yang berjalan kurang lebih satu jam itu, menghasilkan dua butir rekomendasi.

Pertama, pengadaan karung bronjong sebagai penahan pergerakan tanah, dan kedua, pembentukan tim kecil agar fungsi kontrol berjalan baik.

Kepala Dinas PU Provinsi Maluku, Ismail Usemahu menjadi Ketua Tim kecil ini.

Baca Juga  Hari Natal, Hujan Ringan Turun di Ambon

“Untuk mencegah bencana terjadi di daerah kita, sebisa mungkin harus mengambil langkah”, pungkas Royke. (dayat)