Dukung Pembangunan Jalan Lingkar Obi, AMHS Unjuk Rasa di Kantor BPJN Malut

oleh -188 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Aliansi Masyarakat Halmahera Selatan (AMHS) Provinsi Maluku Utara, menggelar aksi di Kantor Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN ) Wilayah Provinsi Maluku Utara.

Aksi ini digelar dalam rangka mendukung dan memberikan apresiasi kepada Bupati Halamahera Selatan, Hi. Usman Sidik dan Kepala Balai PJN Wilayah Maluku Utara, atas pembangunan jalan nasional dan jalan lingkar strategis nasional di Kecamatan Obi.

“Kami atas nama AMHS menolak keras segala bentuk opini liar yang beberapa hari trakhir ini bermunculan di sejumlah media sosial, yang hanya menciptakan opini yang tidak benar dan menghambat proses pembangunan jalan nasional dan strategis nasional di Kecamatan Obi,” kata Kordinator Aksi, Zainal Ilyas ketika dikonfirmasi, wartawan, Jumat (3/9/2021).

Zainal yang akrab disapa Alan ini mengatakan, Kepulauan Obi dan Kecamatan Obi, sebagaimana dalam Pasal 4 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2003 Tentang Pembentukan Kabupaten/Kota di Maluku Utara, Obi Merupakan bagian dari geografis wilayah Kabupaten Halmahera Selatan.

“Kepulauan Obi merupakan salah daerah yang paling strategis dan memiliki Sumber Daya Mineral (SDM) tambang luar biasa, yang sudah sejak lama menjadi perhatian pemerintah maupun korporasi nasional serta internasional,” ujarnya.

Baca Juga  Peringati HKGB Ke-68, Bhayangkari Daerah Maluku Gelar Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Kapaha

Alan menuturkan, sejak Tahun 2003 Halmahera Selatan lahir sebagai sebuah kabupaten dan obi merupakan bagian dari integral wilayah Halmahera Selatan, cukup dibilang sangat memprihatinkan dari sisi aspek pembangunan infrastruktur baik itu jalan maupun jembatan.

“Jalan dan jembatan maupun infrastruktur pendukung lainnya masih sangat jauh dari yang diharapkan oleh masyarakat Obi. Tetapi kemudian, tidak sejalan dengan usia Kabupaten Halsel yang sudah memasuki usia ke 18 Tahun lamanya, karena apa yang diberikan dan dihasilkan oleh kabupaten Halmahera Selatan khususnya masyarakat kepulauan Obi tidak merata. Padahal Obi pada posisi startegis yang mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ucapnya.

Alan menyebutkan Provinsi Maluku Utara tidak memberikan pendapatan terhadap Negara Republik Indonesia maupun mendorong PAD Halsel. Tetapi Halmahera Selatan khususnya kepulauan Obi saat ini mampu memberikan sumbangsih terbesar terhadap negara.

Baca Juga  Tips Merawat Sepatu Kulit Agar Tahan Lama, Gimana Caranya?

“Ini hal yang wajar kalau Kabupaten Halmahera Selatan khusunya pulau Obi dikejutkan dengan program jalan nasional dan strategis nasional atau ruas jalan lingkar yang dicetuskan melalui Kementrian PUPR Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Pelaksana Jalan Nasional ( BPJN ) Wilayah Maluku Utara,” ungkapnya.

Alan manyampaikan, wajar apa yang menjadi harapan dan cita-cita keinginan masyarakat Obi yakni jalan stategis nasional. Dimana kita tahu bersama bahwa insfrastruktur jalan merupakan hal yang sangat vital dalam pembangunan ekonomi masyarakat menuju kemakmuran dan kesejateraan masyarakat Obi.

“Bagi kami sebagai anak bangsa tentunya mendukung penuh apa yang menjadi keinginan masyarakat Obi, tanpa intervensi dari pihak manapun, kami tetap bersikap mendukung pemerintah daerah (Pemda) dan BPJN untuk menyukseskan program pembangunan jalan nasional dan strategis nasional di Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan,” katanya.

Baca Juga  Ayah Bejat di Halbar ini Tega Cabuli Putri Kandungnya Sejak Tahun Lalu

Zainal menegaskan, apabila dikemudian hari seluruh pihak baik itu pemerintah, swasta maupun atas nama kelompok manapun, tidak mendukung proses percepatan pembangunan jalan dan infrastruktur di Kecamatan Obi, maka kami akan membangun mosi tidak percaya kepada pemerintah Provinsi Maluku Utara.

“Jika kemudian hari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang tidak mau mendukung program pemerintah daerah, kami tidak segan-segan mengkonsolidasi seluruh kekuatan pemuda dan mahasiswa Halmahera Selatan untuk memboikot seluruh aktivitas pemerintah maupun aktivitas industri yang saat ini sedang berjalan,” tandasnya. (adhy)