Dukung Pemilu, Lanud Pattimura bantu distribusi logistik

oleh -111 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Semakin mendekatnya hari-H Pemilu 17 April 2019, mengharuskan berbagai pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan maupun pengamanannya harus bergegas.

Bukan hanya Polri yang dibebankan tugas melakukan pengamanan maupun masalah hukumnya, TNI selaku alat keamanan negara pun diberikan tanggung jawab penyaluran logistik, termasuk di dalamnya TNI Angkatan Udara (AU).

Di Maluku sendiri, logistik Pemillu sudah didistribusikan sebelumnya dalam partai besar, masuk melalui jalur laut dan udara maupun darat.

Sayangnya, total logistik Pemilu yang mengalami kerusakan mencapai 7 ton.

Link Banner

Sebelum proses pendistribusian logistik pemilu lewat jalur darat, pendistribusian materiil logistik pemilu yang masuk wilayah Ambon dan sekitarnya juga masuk melalui jalur laut dan udara.

Baca Juga  Reses, Suryati Armain Serap Aspirasi Soal Omnibus Law

Pangkalan Udara (Lanud) Pattimura juga turut mendukung proses pendistribusian penambahan dan penggantian logistik Pemilu yang rusak tadi.

Keterlibatan Lanud Pattimra dalam proses distribusi logistik Pemilu 2019 ini dibenarkan Kepala Penerangan (Kapen) Lanud), Letda (Sus) Aradichi Prihandana,S.Hum, saat dikonfirmasi wartawan.

Menurutnya, penambahan dan penggantian logistik Pemilu yang rusak ini seberat total 7 ton.

Dimana, logistik dimaksud terdiri dari surat suara serta bilik suara, yang selanjutnya akan didistribusikan ke seluruh wilayah di Maluku.

Sementara proses pengiriman penggantian dan tambahan logistik atau materiil ini menggunakan Pesawat Angkut Berat Hercules milik TNI AU dengan rute Halim-Ambon.

Saat bongkar muat distribusi logistik ini dilakukan di Base Ops Lanud Pattimura, Senin (15/4), akunya, turut disakasikan Komandan Pangkalan Udara (Danlaund) Pattimura, Kolonel (Pnb) Antariksa Anondo,S.E,M.Tr.(Han).

Baca Juga  Belum Memuaskan di Juventus, Barcelona Siap Tampung Matthijs de Ligt

Bahkan, jelasnya, Anondo sendiri menegaskan bahwa distribusi logistik Pemilu ini disesuaikan dengan arahan dan perintah dalam mengamankan jalannya Pemilu 2019.

”Pendistribusian surat suara ini dari mulai titik pendistribusian awal yang akan didistribusikan ke provinsi itu dikawal. Sesuai dengan perintah atasan, TNI siap mengamankan jalannya Pesta Demokrasi akbar Pemilu 2019 serentak, maka Lanud Pattimura khususnya yang merupakan Pangkalan bagi pesawat TNI AU turut mendukung kelancaran pendistribusian alat ataupun logistik Pemilu dari Jakarta atau Pusat,” ujarnya.

Dijelaskannya, setelah mendarat di Lanud Pattimura, pesawat Hercules dari Skadron Udara 32 Malang langsung parkir di Appron Militer Lanud Pattimura dan menurunkan muatan logistik dibawah pengawasan unsur pengamanan dari personel Lanud, personel Polda Maluku, KPU Ambon Bawaslu Provinsi Maluku.

Baca Juga  Tutupi Kasus Korupsi, Operasi Intelijen Munculkan Kerajaan Palsu

Ditambahkannya, Anondo juga berharap proses penyelenggaraan Pemilu 2019 di Bumi Raja-raja berlangsung aman, lancar dan damai.

”Dengan telah sampainya tambahan logistik Pemilu 2019 untuk wilayah Maluku dibawah pengawasan pihak terkait, maka saya dan seluruh warga masyarakat Maluku berharap proses Pesta Demokrasi akbar ini dapat berjalan dengan aman dan lancar di Provinsi Maluku dan sekitarnya,” pungkasnya. (keket)