Dunia Puji Keputusan ICJ Stop Israel Serang Rafah, Zionis Marah, AS Ogah-ogahan

oleh -4 views
Para hakim Mahkamah Internasional bersiap membacakan keputusan untuk hentikan Israel menyerang Rafah. Foto/REUTERS

Porostimur.com, Kairo – Mahkamah Internasional (ICJ) pada Jumat (24/5/2024) memutuskan Israel harus segera menghentikan serangan militer terhadap Rafah.

Perintah tersebut disetujui dengan 13 suara berbanding dua oleh hakim pengadilan, dengan Uganda dan Israel berbeda pendapat.

Presiden ICJ Hakim Nawaf Salam mengatakan dalam pembacaan putusannya bahwa, “Israel harus segera menghentikan serangan militernya jika ada tindakan lain di wilayah Rafah yang dapat mengakibatkan warga Palestina di Gaza mengalami kehancuran fisik seluruhnya atau sebagian.”

Keputusan tersebut menyatakan, “Israel perlu membuka kembali penyeberangan Rafah dan memastikan akses tanpa hambatan bagi komisi penyelidikan atau badan investigasi yang diberi mandat oleh PBB untuk menyelidiki tuduhan genosida”.

Baca Juga  Ambon Kota Pertama Asia Tenggara Yang Disinggahi Plastic Odyssey

Keputusan tersebut diambil dua pekan setelah Afrika Selatan meminta ICJ memerintahkan tindakan darurat tambahan terhadap Israel atas serangan militernya terhadap Rafah di Jalur Gaza.

Dunia terus bereaksi terhadap keputusan tersebut, dengan Arab Saudi, Turki, Yordania, Mesir, dan Norwegia termasuk di antara sejumlah negara yang menyambut baik keputusan Pengadilan Dunia tersebut.

“Tidak ada negara di dunia yang kebal hukum. Kami berharap semua keputusan yang diambil Pengadilan akan segera dilaksanakan oleh Israel,” ungkap Kementerian Luar Negeri Turki.

No More Posts Available.

No more pages to load.