Ekonomi Malut Melesat, Sektor Hilirisasi Beri Kontribusi Signifikan

oleh -22 views

Porostimur.com, Sofifi – Ekonomi Maluku Utara (Malut) triwulan I-2022 terhadap triwulan sebelumnya mengalami pertumbuhan sebesar 7,10%, dan sebesar 29,63% jika dibandingkan dengan triwulan I-2021.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Malut, pertumbuhan tersebut dipengaruhi oleh industri pengolahan yang mengalami pertumbuhan sebesar 138,92% pada triwulan I-2022.

Berdasarkan keterangan pers oleh Kepala BPS Malut, Aidil Adha, pada Senin (9/5), pertumbuhan itu tak lepas dari bertambahnya pabrik-pabrik hilirisasi.

“Fenomena ini terjadi karena penambahan jumlah smelter yang memproduksi feronikel dan Mixed Hydroxide Precipitate (MHP), serta peningkatan volume ekspor feronikel sebesar 98,73%,” ujarnya.

Secara terpisah, pada rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah 2021, Senin (9/5), Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Malut Samsuddin A. Kadir juga mengatakan sektor hilirisasi memberi kontribusi yang signifikan.

Baca Juga  Viral Ustaz di Papua Dapat Kiriman Babi untuk Hewan Kurban dari Pria Baru Mualaf

Sektor ini turut memberi andil pada kinerja makro pembangunan Malut tahun 2021 yang tumbuh sebesar 16,40 persen.

“Sebagaimana telah kita ketahui bersama, kenaikan ini dipicu oleh lapangan usaha industri pengolahan yang mengalami pertumbuhan tertinggi,” ujar Samsuddin.