Ekspor Cengkih, Roda Ekonomi Sulut Kembali Bergerak

oleh -25 views
Link Banner

Porostimur.com | Manado: Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey, melepas ekspor cengkih melalui Balai Karantina Kelas 1 Manado di Container Freight Station (SFS) Pelabuhan Internasional Bitung, Sulut, Selasa, 25 Agustus 2020. Olly menyambut baik ekspor cengkih yang menjadi komoditas pertanian andalan Sulut.

“Kita bersyukur dalam kondisi seperti ini masih bisa melakukan ekspor. Ini menandakan roda ekonomi kita mulai bergerak. Kita harapkan sinergitas antara pemerintah dan swasta untuk terus menggerakan perekonomian makin baik,” kata Olly dalam keterangannya, Selasa, 25 Agustus 2020.

Ekspor dilakukan untuk beberapa komoditas lainnya ke 15 negara tujuan antara lain Tiongkok, India, Singapura, Thailand, dan Belanda dengan nilai total ekonomi sebesar Rp47,8 miliar. Olly juga mengapresiasi Balai Karantina yang sudah bekerja dengan baik.

Baca Juga  Soroti Rp159 Milyar Dana Pinjaman Pemda, GMKI Demo ke DPRD Halbar

“Ini adalah sebuah kepercayaan yang harus kita jaga, karena negara-negara tujuan pasti mengharapkan kualitas produk yang kita ekspor itu benar-benar mutunya dapat dijamin dengan sangat baik,” ujar Olly.

Link Banner

Olly menambahkan, Pemerintah Provinsi Sulut terus berusaha agar komoditas andalan seperti pala dan kopra, mendapatkan pasar ekspor baru. Sehingga diharapkan dapat mendongkrak harga menjadi lebih baik lagi.

Dia menuturkan, mengacu data Badan Pusat Statistik pada periode Juli 2020, sektor pertanian meningkat sebesar 24,1% (month to month), dan Sulut turut berkontribusi. Lebih lanjut, sepanjang periode Semester I tahun ini, pertumbuhan ekspor pertanian Sulut mencapai 17,82% yang didominasi nabati dan minyak. (red/medco)