Ema Adipolo Jabat Plt Kepala SMA Negeri 6 SBB

oleh -137 views
Link Banner

Porostimur.com | Piru: Ema Adipolo S.Pd diangkat sebagai pelaksana tugas (Plt) Kepala SMA Negeri 6 Seram Bagian Barat (SBB).

Pengangkatan Adipolo yang juga guru di sekolah tersebut, untuk menggantikan almarhum kepala sekolah sebelumnya Drs. Udi Hasani. Pelantikan tersebut berlangsung di ruangan guru SMA Negri 6 SBB, Sabtu (14/8/2021).

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku untuk SMA-SMK Kabupaten Seram Bagian Barat, Abidin Papalia, S. Pd, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Husen, S.Pd, M.Pd, para tokoh masyarakat, mantan anggota DPRD SBB, Mugni Rumalutur, beserta para guru SMA Negeri 6 SBB.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Husen menuturkan, penyerahan Surat Keputusan (SK) Gubernur sekarang ini masih bersifat Plt, dimana dalam SK tersebut terdapat fakta integritas yang menjadi ukuran kinerja dari Plt tersebut.

“Didalam SK Plt, disitu juga ada fakta integritas yang akan menjadi ukuran kinerja yang bersangkutan, apakah bisa dilanjutkan atau tidak. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku juga melakukan formula baru, dalam rangka menjamin bahwa seseorang betul-betul layak menjadi kepala sekolah, sebab dulu pengangkatan seorang kepala sekolah jika persyaratan golongan terpenuhi, maka dianggap selesai”, jelasnya.

Baca Juga  Wakil Gubernur Buka Acara Webinar "Potensi Dan Pasar Ekspor Malut"

Ia mengatakan, untuk sekarang jika ditetapkan menjadi kepala sekolah definitif, maka ada 3 hal yang harus dapat dilewati yaitu:

  1. Mendapatkan Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS). Jika sudah mendapatkan NUKS, maka secara formalitas yang bersangkutan sudah menenuhi syarat, karena telah mengikuti tes dan pelatihan.
  2. Melalui fit dan propertes.
  3. Dari hasil audit pengelolaan dana di sekolah minimal berakreditas baik.

“Jadi untuk mendapatkan NUKS, pengujinya dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS), sedangkan untuk audit pengelolaan dana sekolah dilakukan oleh Inspektorat Provinsi Maluku”, pungkasnya.

Husen berharap, Plt Kepala Sekolah SMA Negeri 6 SBB yang sekarang dilantik bisa melewati tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, agar bisa diangkat menjadi kepala sekolah definitif dan berusaha untuk memajukan SMA Negeri 6 SBB jauh lebih baik dari sebelumnya. (kahar)