Empat Kabupaten di Maluku Bakal Terima Predikat Eliminasi Malaria

oleh -143 views

Porostimur.com, Ambon – Empat kabupaten di Maluku bakal menerima predikat eliminasi malaria pada akhir 2023. Empat kabupaten itu yakni Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur dan Maluku Tenggara.

Penanggung jawab program malaria pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Maluku Risa Elyta Lating menyatakan, ada berbagai indikator yang membuat baru empat daerah di Maluku yang masuk eliminasi malaria.

“Angka annual parasite incidence (API) di bawah 1/1000 penduduk, slide positive rate (SPR) di bawah 5 persen serta tidak ada kasus lokal selama 3 tahun,” kata Risa, Senin (25/9/2023).

Bila ketiga persyaratan itu terpenuhi, maka provinsi dapat mengusulkan daerah untuk dinilai oleh Komisi Penilaian Eliminasi Malaria Kemenkes RI.

Baca Juga  Minta Anji Keluar dari Rumah setelah Resmi Cerai, Wina Natalia: Dia Kan Laki-Laki

Saat ini, ada empat kabupaten di Maluku yang sudah memenuhi indikator tersebut. Hasil penilaian akan terbit pada akhir 2023.

Sementara itu, sejumlah faktor menjadi kendala belum terpenuhinya standar daerah eliminasi malaria di sejumlah daerah. Seperti masih adanya kasus lokal, penanganan masih kurang maksimal, kurangnya implementasi jejaring diagnosis dan tatalaksana malaria dan belum maksimal intervensi daerah melalui APBD.

Beberapa upaya yang dilakukan adalah dengan memaksimalkan kinerja hingga ke tingkat desa, memperkuat pelaporan kasus malaria dari desa hingga kabupaten, memperkuat sistem uji silang untuk semua slide positif malaria di tingkat fasyankes.