Empat WBP Lapas Ambon Jalani Asimilasi di Rumah

oleh -46 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Empat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Ambon kembali melaksanakan program Asimilasi di rumah, Senin (8/2/2021).

Mereka mendapatkan Asimilasi di rumah berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19.

Surat Keputusan Asimilasi di rumah diberikan langsung Kepala Seksi Pembinaan Narapidana/Anak Didik, Meky Patty, didampingi Kepala Subseksi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan, Hendarina Matahaheru, kepada ke-4 WBP didampingi keluarga mereka. Meky menekankan kepada keluarga WBP agar tetap memastikan keluarga mereka tidak mengulangi perbuatan hukum di luar.

Baca Juga  Gempa Kembali Guncang Pulau Buru, Kali Ini Magnitudo 4,5

“Kepada bapak dan ibu, baik istri, anak, maupun orang tua, kami titip mereka setelah keluar lapas. Apabila mereka kembali melakukan perbuatan melanggar hukum, hak mereka bisa dicabut kembali,” tegasnya.

Selanjutnya, Meky juga menegaskan pengeluaran WBP dilaksanakan tanpa dipungut biaya alias gratis. “Jika memenuhi syarat, yaitu tanggal ½ dan 2/3 masa pidananya tidak melebihi 30 Juni 2021 serta telah memenuhi persyarakatan, baik administratif maupun substantif, kami keluarkan tanpa biaya,” lanjutnya.

Sebagai informasi, ini merupakan pengeluaran tahap II setelah sebelumnya Lapas Ambon telah mengeluarkan 17 WBP pada tahap I, Senin (1/2) lalu.

Hingga kini jumlah WBP Lapas Ambon yang telah menjalani Asimilasi di rumah pada tahun 2021 adalah 21 orang. (alena)