Enam Hari Pasca Gempa, Warga Dusun Uhe SBB Tidak Terurus di Pengungsian

oleh -95 views
Link Banner

Porostimur.com | Huamual: Enam hari sudah warga Dusun Uhe Desa Iha Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat mengungsi di hutan tanpa bantuan dari mana pun.

Pantauan porostimur.com di lapangan, Selasa (1/10/2019), hingga berita ini dinaikkan, warga masih bertahan di tenda-tenda yang mereka bangun sendiri dengan menggunakan bahan seadanya.

Selama enam (6) hari di lokasi pengungsian, warga belum mendapat bantuan dari mana pun, baik dari pemerintah maupun pihak lain.

Kepala Dusun Uhe Said Kaisupy menjelaskan, tercatat 173 Kepala Keluarga (KK) warganya yang saat ini masih bertahan di pegunungan untuk mengamankan diri dari gempa dan tsunami.

“Saya tidak terlalu berharap banyak. Tapi setidaknya pimpinan dan staf kecamatan harus turun dilokasi untuk memberikan pemahaman kepada warga agar mereka paham dan mau kembali ke rumah masing – masing,” ujarnya.

Baca Juga  JK Ungkit 10 Konflik Besar di Indonesia karena Ketidakadilan

Kaisupy mengatakan, saat ini, di lokasi pengungsian, terdapat 6 orang balita, 3 lansia dan 4 warga dewasa yang sakit.

“Saya selaku pimpinan dusun juga telah berikan pemahaman agar mereka dapat kembali ke rumah mereka tapi tidak bisa meyakinan, maka itu saya butuhkan perpanjang tangan Staf kecamatan Huamual atau Pemda SBB untuk dapat membantu dan berikan pemahaman kepada warga saya, mungkin dengan kehadiran instansi terkait masyarakat paham dan mengerti sebeb dapat dijabarkan secara terperinci,” papar Kaisupy.

Said Kaisupy mengharapkan ada pihak yang mau mendengar dan membantu masyarakat yang kini tengah dilanda ketakutan dan trauma.

“Sangat kami harapkan agar masyarakat terbantu, jika dilihat masyarakat pada trauma dengan kejadian kemarin,” pungkasnya. (Doddy)