Evaluasi IKP Malut, Ikbal Sebut Sebagai Upaya Preventif

oleh -54 views

Porostimur.com, Ternate – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara Ikbal Ali mengatakan perlu upaya preventif dalam meminimalisir potensi kerawanan pemilu di Maluku Utara. 

Ikbal bilang, sesuai dengan rilis Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) dari Bawaslu RI masuk sebagai daerah dengan kerawanan tertinggi ketiga secara nasional. Berdasarkan data hasil penyusunan IKP tersebut lanjut Ikbal, tingkat kerawanan Maluku Utara berada pada skor 84,86 persen, tertinggi setelah DKI Jakarta dan Sulawesi Utara dan khususnya pada dimensi sosial budaya dan kontestasi Maluku Utara sendiri berada pada posisi pertama dengan  skor 100.

“Maluku Utara sesuai dengan rilis IKP masuk sebagai daerah rawan tinggi ketiga nasional, dan hal ini perlu menjadi perhatian serius bagi kita” ungkap Ikbal, dikutip dari lamaran Bawaslu Maluku Utara, Minggu (19/3/2023).

Baca Juga  Fashionable! Tiru 4 OOTD Michelle Ziudith, Bintang Film 'Ipar Adalah Maut'

Menurutnya dengan tingginya kerawanan tersebut maka hal ini menjadi basis dalam merumuskan kebijakan dan langkah pencegahan dan pengawasan Bawaslu terhadap potensi kerawanan dan pelanggaran pemilu.

Lebih jauh Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Malut tersebut berharap, IKP harus mampu menjadi sistem deteksi dan proyeksi dini bagi pengawas pemilu disetiap tingkatan. Sehingga apa yang menjadi potensi kerawanan dapat diminimalisir sedini mungkin.

No More Posts Available.

No more pages to load.