Fakta Menarik Sukses Liverpool di Piala Dunia Antarklub

oleh -48 views
Liverpool's players lift the trophy following the 2019 FIFA Club World Cup Final football match between England's Liverpool and Brazil's Flamengo at the Khalifa International Stadium in the Qatari capital Doha on December 21, 2019. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)
Link Banner

Porostimur.com | Doha: Liverpool sukses menjadi juara Piala Dunia Antarklub setelah menundukkan Flamengo, 1-0, dalam laga final di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Sabtu (21/12/2019) atau Minggu dini hari WIB. Satu-satunya gol yang tercipta pada pertandingan ini dilesakkan Roberto Firmino pada babak tambahan.

Beberapa fakta menarik muncul dari pertarungan di Qatar ini. Berikut di antaranya:

– Liverpool menjadi tim Inggris kedua yang menjadi juara Piala Dunia Antarklub setelah Manchester United pada 2008.

– Flamengo menjadi klub keempat asal Brasil yang menjadi runners-up kejuaraan ini. Klub lainnya adalah Vasco da Gama tahun 2000, Santos tahun 2011, dan Gremio pada 2017. Brasil bersama Argentina memiliki klub terbanyak yang menempati posisi kedua kejuaraan pengganti Piala Interkontinental ini.

– Ini adalah pertandingan final keempat yang harus melalui babak tambahan setelah tahun 2000, 2009, 2016.

Baca Juga  Manusia Tidak Dirancang untuk Bahagia, Jadi buat Apa Mengejar Kebahagiaan?

– Klub dari benua Eropa kini menjadi juara dalam 12 dari 13 turnamen Piala Dunia Antarklub. Tujuh yang terakhir diraih klub asal Eropa secara berturut-turut.

– Ini untuk kedua kalinya, tim asal Inggris mengalahkan klub Brasil di pertandingan kompetitif. Sebelumnya terjadi ketika Manchester United menundukkan Palmeiras 1-0 di final Piala Interkontinental 1999.

– Hanya dua dari 10 laga terakhir final Piala Dunia Antarklub kedua tim sama-sama mencetak gol. Sementara juara menorehkan clean sheet dalam delapan dari 10 tahun terakhir final kejuaraan ini.

– Roberto Firmino mencetak gol dalam dua laga beruntun. Ini untuk pertama kalinya bagi striker asal Brasil itu melakukannya untuk Liverpool sejak Januari 2019 lalu. Mantan penyerang Hoffenheim ini mencetak gol di semifinal melawan Monterey dan di final melawan Flamengo.

Baca Juga  Disambut Sholawat, Bagus Janjikan Tomalou Sentra Perikanan

– Sadio Mane adalah pemain sering terlibat langsung dalam gol Liverpool tahun 2019 dibanding pemain lainnya. Dia terlibat dalam 38 gol klubnya tahun ini dengan 30 kali mencetak gol dan 8 assist. Dia hanya kalah oleh dua pemain Manchester City yakni Raheem Sterling (44) dan Sergio Aguero (39) dalam kompetisi Premier League. (red/rtl)