Faruk Bahnan Klaim Hendrata Thes Sukses Bikin Sula Terang

oleh -70 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Meski pun berbagai dugaan kasus korupsi tengah membelit pemerintahan Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes, namun para pendukungnya tetap mengklaim Hendrata sukses memimpin di kabupaten tersebut.

Hal ini sebagaimana dikatakan koordinator relawan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Hendrata Thes dan Umar Umabaihi (HT-Umar), Hi Faruk Bahnan di Sanana, Selasa (20/10/2020).

Untuk diketahui, sedikitnya ada 26 kasus dugaan korupsi yang diduga melibatkan orang nomor satu di Kepulauan Sula tersebut beserta kelauarga dan orang-orang dekatnya.

26 kasus dugaan korupsi ini pun telah dilaporkan secara resmi oleh HMI Cabang Sanana dan PMII Kepulauan Sula, dimana dua dari 26 kasus tersebut kini telah ditingkatkan statusnya ke penyidikan.

Link Banner

Anehnya, Faruk Bahnan mengklaim program Bupati Hendrata Thes sejak tahun 2015 lalu hampir rampung.

Baca Juga  Bawaslu Malut Pantau Keputusan KPU Kepulauan Sula Terkait Rekomendasi PSU di Enam TPS

Salah satu klaim Faruk yang juga dinilai aneh oleh masyarakat adalah program listrik masuk desa, yang jelas-jelas merupakan program nasional melalui Kementerian ESDM bernama Program Indonesia Terang (PIT) , namun diklaim sebagai prestasi Hendrata.

Bahnan bilang, sebelum Hendtara memimpin, sejumlah desa di Kepulauan Sula belum menikmati berbagai pembangunan mendasar, salah satunya aliran listrik. Namun, setelah HT memimpin Kepulauan Sula, aliran listrik hampir terhubung di seluruh desa di Kepsul.

“Di Sula ini tinggal dua desa yang belum menikmati aliran listrik yaitu Desa Saniahaya dan Desa Minaluli dalam Kecamatan Mangoli Utara,” tegas Hi Faruk Bahnan, Selasa (20/10/2020).

Program PIT ini menyasar kepada 12.659 desa di enam provinsi di Timur Indonesia yaitu Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat yang belum terjamah oleh jaringan listrik dari PT PLN (Persero).

Baca Juga  Bikin Sedih, Ini 6 Film Romantis dengan Akhir Paling Tragis

Mantan Calon Wakil Bupati periode 2015 itu mengutarakan, setelah selesai masa cutinya, HT berkomitmen agar dua desa tersebut bisa menikmati aliran listrik di periode pertamanya.

“HT ini hanya cuti, jadi selesai masa cuti HT sudah selesaikan program Sula terang,” tegas Faruk di kampanye putaran ke dua di Desa Waiman, Kecamatan Sulabesi Tengah. LanjutFaruk, HT di periode pertamanya tidak hanya membuktikan program Sula terang, HT juga membuka akses telekomunikasi yang dulunya masih tersekat-sekat,” katanya.

Program pemerintah pusat lainnya yang juga diakui sebagai keberhasilan Hendrata adalah program Kemenkominfo, melalui program BAKTI atau lebih dikenal dengan tower merah putih.

Program BAKTI sendiri merupakan upaya mewujudkan nawa cita yang salah satunya meningkatkan pembangunan infrastruktur, namun pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas BAKTI adalah daerah-daerah terpencil yang belum menyentuh fasilitas dan pelayanan telekomunikasi.

Baca Juga  Pendekatan Antisipasi Hoaks Terus Dilakukan Pascagempa Maluku

Namun lagi-lagi program pemerintah pusat ini diakui sebagai prestasi Hendrata Thes oleh Faruk Bahnan. (red)