Video: Fenomena Awan Pelangi Muncul di Desa Kampung Baru Kepulauan Botang Lomang

oleh -153 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-75, Senin 17 Agustus 2020, Masyarakat Desa Kampung Baru, Kecamtan Kepulauan Batanglomang, Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara, digemparkan dengan ada nya fenomena unik awan warna-warni (Pelangi) di langit desa itu.

Sejumlah warga di lokasi langsung mengabadikan fenomena yang terbilang jarang muncul di Halsel ini. Mereka ramai-ramaik keluar dari rumah. Para pengendara menghentikan kendaraannya untuk melihat fenomena yang berlangsung sekitar 40 menit itu.

Fenomena awan langka ini disebut dengan Circumhorizontal Arc atau dikenal juga dengan sebutan ‘fire rainbow’ karena terkadang terlihat seperti warna-warni yang menyala di langit.

Menariknya, ini merupakan fenomena yang agak umum di beberapa belahan dunia, salah satunya di Amerika Serikat. Dimana, fenomena itu bisa dilihat beberapa kali setiap musim panas di satu tempat. Selain di Amerika, fenomena tersebut juga terjadi di Eropa Utara.

Fenomena langka itu terjadi ketika matahari melewati awan cirrus dengan lebih banyak “kristal es” di langit atas, ia menghasilkan 58 derajat setelah pembiasan. Hal ini membuat awan-awan itu akan nampak seperti pelangi yang terbakar di langit.

Baca Juga  Bukan Wabah.. Virus Corona Senjata Biologis Bocor dari Lab Wuhan

Fenomena langka tersebut dapat dilihat di 55 derajat Lintang utara atau 55 derajat lintang selatan.

Sebuah busur circumhorizon bulan mungkin terlihat di lintang lain, tetapi jauh lebih jarang karena membutuhkan bulan yang hampir penuh untuk menghasilkan cukup cahaya.

Lengkungan circumhorizontal terbentuk ketika sinar matahari memasuki kristal es heksagonal yang berorientasi horizontal, datar di awan. Partikel es bertindak sebagai prisma, dan cahaya dibagi menurut panjang gelombang, sehingga warnanya terlihat.

Fenomena awan berwarna pelangi ini kerap kali juga terjadi di negara lain seperti Tokyo Jepang, dan begitu juga pernah terjadi di kota Pekan Baru Indonesia dan kali ini kembali viral di Indonesia tepatnya di Provinsi Maluku Utara Kabupaten Halsel Kecamatan Kepulauan Batanglomang, Desa Kampung Baru.

Baca Juga  Pemkot Ambon Siapkan Takjil Gratis Bagi Warga Kurang Mampu Sepanjang Ramadhan

Sesuai pantauan awak media video yang berdurasi 1:10 menit yang diambil warga Desa Kampung Baru, Kecamatan Kepulauan Batanglomang itu mengatakan “Fenomena alam yang terjadi di Desa Kampung Baru ini baru pertama kali di lihat, ini bukan edit,” kata pemilik video yang enggan diberitakan namanya ini. (red/ady)