FPP GMKI Cabang Ambon gelar pemberdayaan perempuan desa di Ema

oleh -129 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Forum Pemberdayaan Perempuan (FPP) GMKI Cabang Ambon menggelar program perdana ”Pemberdayaan Perempuan Desa”, di Desa Ema, Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel), Kota Ambon.

Forum Pemberdayaan Perempuan (FPP) Cabang Ambon ini dibentuk oleh Badan Pengurus Cabang (BPC) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Ambon, Sabtu (5/5) lalu.

Kegiatan yang dihelat 25-27 Mei 208 ini, mengusung tema ”Meningkatkan wawasan dan pengetahuan perempuan desa dari aspek kesejahteraan sosial ekonomi, hukum dan kesehatan dalam kehidupan bermasyarakat”.

Kegiatan tersebut menghadirkan fasilitator dan narasumber seperti Kepala Dinas PPPA Provinsi Maluku, Ketua BPD HIPMI Provinsi Maluku, Akademisi Fakultas Hukum Unpatti, BNNP Maluku dan BKKBN Maluku.

Pemberdayaan perempuan desa ini meliputi Sosialisasi Perilaku Hidup Sehat, Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan HIV AIDS, Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja, Sosialisasi Bahaya dan Penanggulangan Penyalah Gunaan Narkoba, Sosialisasi Penanganan dan Penanggulangan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, Pengaruh Wirausaha Terhadap Perkembangan Ekonomi Lokal dan Sosialisasi Undang-undang KDRT.

Baca Juga  Tagar Shame On You Jokowi Trending Twitter, Ada Apa?

Pemberdayaan ini melibatkan perangkat Desa Ema, masyarakat Ema, Jemaat GPM Ema, Angkatan Muda GPM Ema, Anak dan Remaja Gereja serta siswa-siswi SD dan SMP yang berada di Desa Ema.

Dalam sambutannya, Ketua Cabang GMKI Ambon, Alfred Soni Lodar, menyatakan bahwa Desa Ema dipilih sebagai tempat pelaksanaan kegiatan tersebut karena Desa Ema merupakan Desa yang memiliki sejarah penting dalam GMKI.

”Desa Ema merupakan tanah kelahiran salah satu pahlawan Indonesia asal Maluku yaitu dr. Johanes Leimena yang juga adalah Tokoh Pendiri (Founding Fathers) GMKI pada tahun 1950,” ujarnya.

Menurutnya, Desa Ema juga memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup melimpah.

Sehingga, akunya, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang perlu diberdayakan untuk mengelola SDA yang ada.

Baca Juga  Tips Merawat Sepatu Kulit Agar Tahan Lama, Gimana Caranya?

Karenanya, jelasnya, Forum Pemberdayaan Perempuan GMKI Cabang Ambon merasa perlu untuk melakukan kegiatan di desa dimaksud.

Kesempatan yang sama, Ketua Forum Pemberdayaan Perempuan GMKI Cabang Ambon, Shanty Manuhutu, menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun hubungan kerjasama yang baik antara GMKI dengan umat gerejawi dan masyarakat untuk diberdayakan dalam pemanfaatan potensi lokal yang ada di Desa Ema sebagai pusat pengembangan ekonomi keluarga.

Melali kegiatan ini, tegasnya, akan dirumuskan poin-poin rekomendatif yang disampaikan kepada pihak atau instansi-instansi terkait untuk ditindaklanjuti.

Sementara Sekretaris Desa, Oman Palapessy, menyampaikan paresiasi atas inisiasi yang dilakukan oleh Forum Pemberdayaan Perempuan GMKI Cabang Ambon ini.

Menurutnya, pemberdayaan perempuan bukan hanya tanggung jawab pemerintah secara sepihak, tapi pemberdayaan perempuan merupakan tanggung jawab semua pihak termasuk GMKI.

Baca Juga  Koalisi Pemerintah Runtuh, PM Timor Leste Mundur

Kehadiran GMKI melalui kegiatan ini, terangnya, membantu pemerintah untuk memberdayakan perempuan Desa Ema dan seluruh warga Desa Ema, guna peningkatan wawasan dan pengetahuan dalam berbagai hal.

Kehadiran GMKI di Desa dan Jemaat Ema ini, juga telah membantu pihak gereja dalam melaksanakan misi pelayanannya.

Seperti yang ditegaskan Ketua Majelis Jemaat GPM Ema, D. Sapulette.

Diharapkannya, kehadiran GMKI dengan beberapa kegiatan dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi jemaatnya. (redaksi)