Gaji ke-13 PNS Cair Lebih Cepat, Ini Besarannya

oleh -348 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mempercepat pencairan gaji ke-13. Sebagaimana diketahui, gaji ke-13 PNS akan cair bulan ini.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Andin Hadiyanto, proses pencairan ini akan terlaksana setidaknya sebelum pertengahan Agustus.

“Kita usahakan sebelum pertengahan Agustus, kalau bisa lebih cepat,” ujar Andin, dikutip Rabu (5/8/2020).

Andin menjelaskan, berkas gaji ke-13 PNS sudah diserahkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengenai revisi peraturan pemerintah (PP) tentang gaji ke-13.

Link Banner

“Semua berkas kita sudah serahkan ke Kementerian PANRB dan sekarang lagi diperiksa kalau sudah disetujui baru kita cairkan,” jelasnya.

Untuk diketahui, Besaran anggaran yang dicairkan untuk gaji ke-13 PNS adalah sebesar Rp28,5 triliun sesuai dengan APBN 2020. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan anggaran sebesar Rp28,5 triliun itu tersebar ke beberapa pos, seperti untuk aparatur sipil negara (ASN) pusat sebesar Rp14,6 triliun.

Baca Juga  Ditpolairud Polda Maluku Bersama Basarnas Evakuasi Jenazah 2 Warga SBB Yang Hanyut Terbawa Arus

“Ini untuk gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji di pusat sebesar Rp6,73 triliun, sedangkan pensiunan gaji ke-13 sebesar Rp7,86 triliun,” kata Sri Mulyani dalam video virtual. (red/okezone)