GAMKI Maluku Gelar Kegiatan Bertajuk GAMKI Mengabdi di Pulau Banda

oleh -145 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Maluku menggelar sejumlah kegiatan bertajuk ‘GAMKI Mengabdi’ yang akan difokuskan di Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Ketua DPD GAMKI Maluku, Heppy Lelapari dalam keterangan persnya kepada wartawan Rabu (10/11) mengatakan, kegiatan tersebut akan melibatkan seluruh DPC se-Maluku yang diwakili dua orang dan dijadwalkan Kamis (11/11) besok, akan bertolak ke Banda.

Terkait program pengabdian, Lelapary menjelaskan, ada program pendidikan dan kebudayan, dimana pengurus GAMKI di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan pelatihan bagi guru-guru sekolah di Pulau Banda yang difokuskan kepada pembekalan metode
pembelajaran maupun informasi-informasi pendidikan.

“Pembekalan mereka menuju pendidikan abad 21. Ini yang akan kami bagikan bagi guru-guru di Banda,” kata Heppy didampingi Sekretaris GAMKI Maluku, Michael Siahaya dan pengurus GAMKI, Fransina Latumahina.

Heppy bilang, bagi pengurus GAMKI di Bidang Pertanian akan ada sosialisasi dan lokakarya
pembuatan bahan anti hama, bio pestisida nabati yang akan di sosialisasi ke masyarakat Banda.

Baca Juga  Belum Ada Tim yang Mampu Menaklukkan Ajax

Selanjutnya Bidang Hukum, akan dilakukan sosialisais UU tentang desa dan lokakarya
bagaimana menyusun peraturan negeri atau desa bagi masyarakat di Pulau Banda.

Bidang Infrastruktur ada upaya sosialisasi pembangunan infrastruktur berwawasan lingkungan dengan tetap mengacu pada struktur alam atau struktur lingkungan fisik Kepulauan Banda, dilanjutkan dengan aksi penanam mangrove di pesisir pantai Pulau Banda.

“Kebetulan Kepengurusan GAMKI Maluku didominasi kakangan akademisi sehingga potensi-potensi itu kita kemudian mengerahkannya untuk berbagi dengan masyarakat,” ungkap Lelapary.

Selain sejumlah kegiatan di atas, Lelapary menambahkan, yang paling utama adalah bantuan DPD GAMKI Maluku bagi pembangunan rumah ibadah masjid dan gereja.

“Salah satu masjid yang kami pilih persis di Pelabuhan Naira kemudian Jemaat yang akan kita bantu yakni Jemaat Pulau Ai,” beber Lelapary.

Masih kata Lelapary, GAMKI Maluku juga akan melakukan dokumenter tentang keberadaan pulau Banda sebagai potensi destinasi wisata sejarah maupun destinasi wisata umum yang bisa dipublikasikan ke luar dan ini menjadi perhatian, teristimewah di GAMKI.

Baca Juga  Kondisi geografis Maluku wajib jadi atensi saat perencanaan di Kemenag

“Kami mempunyai jaringan di seluruh Indonesia dan ketika itu dicakapkan, mereka ingin berada di Banda dan kami sudah memberikan kepastian bahwa Banda akan kami eksplore sebagai destinasi wisata yang masuk dalam paket kunjungan saat Kongres GAMKI di tahun 2022 nanti di Ambon. Kebetulan kita dipercayakan sebagai tuan rumah,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Pertanian DPD GAMKI sekaligus Ketua Tim GAMKI Mengabdi, Fransina Latumahina menambahkan, pihaknya akan memberikan penyuluhan.

“Ada dua materi yang akan disampaikan yakni bagaimanana membudidayakan tanaman pala dan cengkeh. Kita tahu banyak pala dan cengkeh di Banda. Dan bagaimana pengunaan tanaman obat keluarga untuk dijadikan sebagai bahan pengendali hama yang menyerang tanaman pala dan cengkeh. Jadi petani di sana 30 orang akan dilatih bagaimana mereka memanfaatkan tanaman obat keluarga yang ada disekitar pekarangan rumah mereka. Misalnya daun pepaya, sereh atau pun daun sirsak. Jadi ketiga bahan ini akan diajarkan supaya mereka tahu bagaimana ketika tanaman pala dan cengkeh terserang hama mereka bisa memanfaatkannya,” beber Latumahina

Baca Juga  Konsumsi Miras di Bulan Puasa, Polisi Amankan 1 Pria dan 2 Wanita di Sanana

Sedangkan Sekretaris DPD GAMKI Michael Siahaya menambahkan kegiatan GAMKI mengabdi akan berlangsung dari tanggal 11-14 November. Dalam kegiatan itu, keseluruhan potensi dari DPD GAMKI, itulah yang akan menjadi narasumber dari setiap kegiatan tersebut.

“Kita tidak mengambil narasumber dari tempat lain, tapi notabene pengurus DPD GAMKI menjadi narasumebr pada kegiatan GAMKI Mengabdi . GAMKI Mengabdi ini juga bagian dari aksentuasi GAMKI terhadap bagaimana kita membangunan yang namanya akselerasi pembangunan di daerah dan ini didorong oleh DPD GAMKI,” kata Siahaya.

“Ini akan menjadi sebuah kegiatan rutin bagi DPD GAMKI. Tidak hanya di Banda saja kedepan kita akan lakukan di tempat lain dengan konsep dan skema yang sama ataupun juga kita akan lakukan pembaharuan supaya pengabdian jauh lebih berkonstribusi bagi pembangunan di Maluku,” pungkasnya. (keket)