Gandeng LP2D Unversitas Khairun Ternate, Hipmabol Gelar Pelatihan Pengembangan Masyarakat Desa.

oleh -48 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Menuju peradaban dan berkeinginan mengendalikan arus globalisasi dalam ruang lingkup masyarakat desa, Himpunan Pelajar Mahasiswa Botang Lomang atau HIPMABOL Halsel bekerja sama dengan LP2D Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun Ternate menggelar bimbingan pelatihan pengembangan desa.

Kegiatan tersebut, difasilitatori langsung salah satu Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universiras Khairun Ternate yakni, Musdar Muhammad S.E, M.E yang berlangsung di Sekretariat Keluarga Mahasiswa Torusubang (Kembang) Sabtu (6/2/2021) kemarin.

Pada kesempatan tersebut, selaku pemateri Musdar Muhammad mengatakan bahwa, suatu desa akan berkembang jika masyarakatnya mau berkembang.

Kata Musdar, Kecamatan Botang Lomang memiliki potensi sumber daya alam sangat berlimpah khusunya di sektor perikanan.
“Memang Botang Lomang punya potensi di sektor perikanan, tapi potensi yang seperti dulu untuk di kelola,” katanya.

Sembari membawa materi Ia menanyakan ” berapa ton penghasilan ikan ngafi (ikan teri) per bulan,” tanya Musdar.

Baca Juga  Lokasi Pesawat Twin Otter yang Jatuh di Papua Ditemukan di Distrik Hoeya

Menurutnya, untuk mengembangkan potensi desa perlu adanya konsep pengelolaan Budan usaha milik Desa oleh pemerintah desa secara benar.

“Kita perlu mengelola BUMDES secara maksimal, bila perlu desa hadirkan bank desa seperti di Gotowasi yang menjadi desa teladan di Maluku Utara. Karena pendapatan desa yang besar bahkan lebih besar dari anggaran dana desa dari APBN,” ulasnya.

Musdar bilang Desa Gotowasi sendiri menolak Dana Desa atau DD dari pemerintah karna mereka telah memiliki pendapatan desa dalam jumlah yang besar.

Usai kegiatan tersebut, Ketua Bidang Hubungan Masyarakat Himpunan Pelajar Mahasiswa Botang Lomang (Hipmabol) Kadri Sabar mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengusung tema “Pelatihan Pengembangan Desa di Kecamatan Kepulauan Botang Lomang Kabupaten Halmahera Selatan”, merupakan program kerja Bidang Pemberdayaan masyarakat yang sudah di susun melalui rapat kerja Pengurus Himpunan Palajar Mahasiswa Botang Lomang.

Baca Juga  Sidang Mediasi Fien Sompotan Melawan Merry Sompotan di PN Bitung Dua Kali Tertunda

“Kegitan ini dilaksanakan sesuai program kerja kami di Bidang Pemberdayaan Masyarakat,” ucap Kadri.

Ia berharap usai terlaksananya kegiatan tersebut bisa menjadi konsep Hipmabol untuk memberdayakan dan mengembangkan potensi di beberapa desa yang ada di Kecamatan Botang Lomang demi kesejateraan masyarakat.

“Masyarakat kita di Botang Lomang hampir sebagian besar nelayan, dikarenakan potensi sumber daya perikanan cukup menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan kaseharian mereka. Olehnya sebagai generasi muda kita harus bisa menyediakan konsep dalam pengembangan terhadap masyarakat,” harap Kadri. (adhy)