Gelar Dzikir Bersama, Kakankemenag Ternate Harapkan ASN Lebih Tawadhu

oleh -5 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Lantunan Tahlil, Tahmid, sholawat dan istighfar terdengar bergemuruh di Kantor Kementerian Agama Kota Ternate malam itu, seluruh peserta menunduk khusyuk mengikuti kalimat demi kalimat puji-pujian terhadap Sang Khaliq, memohon sholawat dan salam serta kesejahteraan dan kemuliaan bagi Habibballah Rasulullah Muhammad SAW. Beberapa peserta pun terlihat mengusap air mata yang menitik di pipi, larut dalam lantunan dzikir yang syahdu.

Suasana semakin haru saat H. Muhammad Shadiq memanjatkan doa kepada Allah SWT, Penguasa Alam Raya, dengan pengakuan diri sebagai manusia yang serba hina dina, memohon maaf atas salah dan dosa serta perlindungan dan dijauhkannya dari marabahaya serta bencana di Tahun 2021 ini.

Baca Juga  Alphonso Davies, dari Kamp Pengungsi Kini ke Final Liga Champions

Demikian pantauan Awak Humas Kanwil Kemenag Malut saat mengikuti kegiatan Dzikir Bersama, yang digelar Kantor Kementerian Agama Kota Ternate, pada hari Kamis malam (28/01/2021) di Basement Kankemenag Ternate, Jln. Cengke Afo, Maliaro, Ternate Tengah, Kota Ternate.

Kegiatan Dzikir Bersama tersebut diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenag Kota Ternate, Kepala KUA dan Kepala Madrasah di seputaran Kota Ternate, serta beberapa tamu undangan. Usai dzikir dan doa kegiatan dilanjutkan dengan Tausiyah oleh Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kota Ternate, H. Muhammad Abdullah, dan diakhiri dengan penutup kata oleh Kepala Kankemenag Kota Ternate, Amir Tomagola.

Link Banner

Ditemui usai kegiatan, KaKankemenag Kota Ternate, Amir Tomagola menjelaskan harapannya, bahwa dengan adanya Dzikir dan Doa yang baru saja dilaksanakan, seluruh ASN Kementerian Agama Kota Ternate dapat merefleksikan nilai dzikir dan doa ke dalam diri menjadi sebuah sifat ketawadhukan dalam menjalani aktivitas hidup menjadi pengabdi masyarakat kesehariannya.

Baca Juga  Ridwan Marasabesy Akan Polisikan Gubernur Maluku Terkait Makian Terhadap Kaum Ibu

Menurut Amir, memiliki perilaku tawadhu atau rendah hati (tidak sombong) merupakan salah satu cerminan seorang muslim yang beriman dengan haqul yakin, menjadi saksi atas keagungan, kebesaran dan kemahakuasaan Allah SWT, dan merasa rendah dihadapan-Nya. “Sombong bukanlah pada penampilan, itu hanya kulit, namun kesombongan pada hakikatnya bersemayam di hati”, tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilantunkan doa bersama untuk kebaikan para ASN Kemenag Kota Ternate yang telah mendahului berpulang ke Rahmatullah di Tahun 2020 maupun 2021 ini.

(red/inmas)