Gelar Operasi Bersinar 2019, BNNP Malut Sisir Pelabuhan dan Bandara

oleh -94 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku Utara bersama tim gabungan yang terdiri dari Direktorat Narkoba Polda Maluku Utara, Polisi Militer, Bea Cukai, Dir Polair, PT. Pelni Ternate, KSOP Ternate, dan Imigrasi melaksanakan Operasi Bersih Narkoba (Bersinar) di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate dan Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Minggu (29/12/2019).

Pada pagi hari, Operaai Bersinar 2019 dilaksanakan di Bandara Babullah Ternate yang dipimpin oleh Kepala BNN Provinsi Maluku Utara, Brigjen Pol Drs Edi Swasono, dan dampingi Kepala Bandara, Chairul Umam bersama Dir Narkoba Polda Malut, Bea Cukai, Imigrasi, Polisi Militer dan pihak keamanan bandara.

Pemeriksaan dilakukan di ruang kedatangan penumpang di Bandara Babullah diantaranya pesawat Garuda, Lion Air, Sriwijaya dan Batik air. Pada saat melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah Warga Negara Asing (WNA) Cina, tim gabungan menemukan barang yang diduga melanggar aturan kepabeanan.

Baca Juga  Viral: Kepala Desa di Buru Terekam Sedang Judi Sabung Ayam

Dimana barang tersebut dimasukkan dalam tas oleh pemilik inisial CX dan CYL yakni sejumlah rokok dan minuman beralkohol. Pihak Bea Cukai langsung mengamankan barang tersebut karena melanggar aturan kepabeanan.

Setelah melaksanakana pemeriksaan penumpang pesawat, tim medis BNN Provinsi Maluku Utara juga melakukan tes urine kepada 26 kru pesawat Garuda, Lion Air, Sriwijaya Air dan Batik Air yang hasilnya secara keseluruhan para kru pesawat tersebut dinyatakan negatif dengan alat ukur tes urine 6 parameter untuk mendeteksi THC atau ganja, Methamphetamine, Amphetamine, Benzodiazepine, Morphin dan Cocain.

Operasi kemudian dilanjutkan pada siang hari dengan menyisir kapal-kapal yang sedang sandar di pelabuhan Ahmad Yani Ternate, diantaranya KM Sinabung.

Baca Juga  Pempus Serahkan Ribuan Sertifikat Tanah kepada Warga SBT dan Buru

Tim medis BNN Provinsi Maluku Utara kemudian bersama tim gabungan yaitu Polair Polda Malut, PT. Pelni cabang Ternate, Bea Cukai dan KSOP Ternate langsung menuju ruang Nahkoda dan perwira kapal untuk melakukan tes urine kepada 16 perwira kapal, dan hasil secara keseluruhan dinyatakan negatif.

Sementara Kepala BNNP Malut Brigjen Pol Drs Edi Swasono mengatakan, operasi ini berdasarkan surat Telegram Deputi Pemberantasan BNN RI tentang antisipasi penyalahgunaan Narkotika di hari-hari besar dan pergantian tahun, yaitu dengan melaksanakan operasi akhir tahun.

Operasi yang digelar dengan sandi Operasi Bersinar atau Bersih Narkoba 2019 bersifat penting.

“Tujuannya agar masyarakat pengguna jasa baik di pesawat maupun kapal laut, bersih dari Narkoba,” tegasnya.

Baca Juga  Kunker Ke SBT, Kapolda Maluku Gelar Duduk Bacarita Kamtibmas

Selain itu, ia juga menghimbau kepada seluruh penumpang baik pesawat maupun kapal laut yang hendak bepergian jelang akhir tahun, untuk memperhatikan keselamatan dan keamanan barang bawaan. (red/rtl)