Gelar Raker, Komisi I DPRD Maluku Bahas Persoalan Lahan di Rumah Tiga

oleh -202 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dalam rangka membahas pembatalan pengukuran tanah Pemerintah Daerah Maluku di Kelapa Tiga, Negeri Rumah Tiga, Komisi I DPRD Provinsi Maluku, menggelar rapat kerja dengan Kepala Biro Hukum dan HAM Setda Maluku, Kepala Biro Pemerintahan Setda Maluku, dan Saniri persekutuan Adat Negeri Rumah Tiga, Kamis (28/1/2021).

Usai rapat, ketua Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Amir Rumra menjelaskan kepada wartawan bahwa hasil rapat tersebut tidak ada masalah dan sudah ada kesepakatan kedua bela pihak.

“Terkait dengan persoalan kesepakatan oleh Saniri dan Pemerintah Provinsi Maluku pada tahun 2017, menyangkut dengan beberapa pembangunan baik itu Rumah Sakit Umum Provinsi, dan rencana juga kantor Gubernur, termasuk juga nanti kantor kejaksaan. Itu cuma rencana, lembaga ini belum menyetujui, ini masih proses perencanaan,” ungkapnya.

Baca Juga  Surabaya Banjir, Netizen Malah Salahkan Anies

“Jadi kurang lebih 11 poin kesepakatan, ternyata sampai hari ini dari 2017 sampai 2021, pemerintah provinsi baru melaksanakan satu poin yakni pembangunan gedung negeri Rumah Tiga, itupun belum lengkap cuma ada isiannya. Dan sebagai komisi 1 kami baru tahu informasi surat ini,” tambahnya.

Rumra bilang, tadi sudah dibicarakan, dan prinsipnya adalah basudara yang ada di Saniri tidak komplen, yang penting pemerintah provinsi harus melaksanakan semua kesepakatan atau MoU yang sudah menjadi kesepakatan bersama,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, bahwasanya pimpinan dan anggota Komisi I menyetujui kesepakatan yanh sudah dilakukan oleh kedua belah pihak, dan akan mengawal proses tahapan mulai dari APBD 2021, sekaligus akan melakukan rencana kunjungan langsung ke lokasi di Rumah Tiga.

Baca Juga  Beringan Mulai Goyah di Pilkada Buru Selatan

Tak lupa, juga Ia mengatakan, akan melakukan rapat lanjutan dengan PU, dan pemerintah dan pejabat Negeri Rumah Tiga, untuk membicarakan hal ini, agar jangan ada kesalahpahaman dengan persoalan-persoalan tersebut. (valen)