Gelar Syukuran HUT Lalulintas ke-66, Ini Harapan Kapolda Maluku

oleh -13 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Kepolisian Daerah Maluku menggelar syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) lalulintas yang ke-66 di Rupatama Mapolda Maluku, Kota Ambon, Kamis (23/9/2021).

Syukuran HUT Lalulintas yang jatuh setiap 22 September ini dipimpin Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Refdi Andri, M.Si, didampingi Wakapolda Brigjen Pol Drs. Jan de Fretes, M.M, dan dihadiri Pejabat Utama Polda Maluku.

Turut hadir mitra kerja Lalulintas dan juga penerima piala perlombaan yang dilaksanakan Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Maluku.

Direktur Lalulintas Polda Maluku, Kombes Pol. Agus Krisdiyanto, selaku ketua panitia perayaan mengatakan HUT Lalulintas tahun ini mengusung tema “polisi lalu lintas yang presisi tangguh dan tumbuh di era kenormalan baru.”

“Puji syukur karena sampai saat ini kita semua dapat diberikan kesehatan, dan kita dapat melaksanakan syukuran HUT Lalulintas ke 66,” katanya.

Baca Juga  Kapolda Harap Mako Polda Maluku Baru Dapat Selesai Dua Bulan Mendatang

Ia mengatakan penjabaran dari program Polri khususnya untuk mewujudkan Polri yang Presisi dan transparasi berkeadilan.

“Kebutuhan masyarakat yang mengharapkan layanan dengan berbagai kecanggihan maka Kita terus berbenah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Berbenah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, kata Agus dilakukan dengan cara mengikuti perkembangan saat ini berbasis teknologi saat ini.

“Tentang lalulintas dan angkutan jalan, kami mempunyai tugas dan tanggung jawab, berikut keamanan keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat kecelakaan lalulintas,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Maluku mengaku peringatan HUT Lalulintas Bhayangkara tahun ini berbeda dengan tahun sebelum mewabahnya covid-19.

“Acara syukuran yang kita ikuti dan laksanakan sangat sederhana, berbeda memang dengan tahun lalu, utamanya tahun-tahun kebelakang, warnanya masih sehat, suasananya masih penuh dengan keramaian,” katanya.

Baca Juga  Kapolri: Akhir Agustus Warga Jawa Timur Terima Hadiah Herd Immunity

Mantan Komandan Korps Lalulintas Polri ini meminta agar kinerja personel lalulintas dapat terus didorong ke arah perbaikan.

“Dorong kinerja kita, buat semangat anak buah kita, dengan mitra terkait, kawan, atau semua yang ada di pemerintah daerah, maupun pihak-pihak terkait lainnya,” pintanya.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini meminta lalulintas dapat membangun komunikasi dengan semua elemen masyarakat. Termasuk para pengemudi. Untuk kepentingan, daftar langkah dan tertibnya administrasi bidang lalulintas.

“Jadikan kota ini yang tertib untuk pergerakan kendaraan walaupun kita dihadapkan dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana jalan, markanya hampir tidak jelas, lampu penerang tidak ada, rambu tidak memadai, tetapi bagaimana kita mewujudkan untuk membuat jalan yang aman tertib lancar,” katanya.

Baca Juga  Polda Maluku Canangkan Zona Integritas Menuju WBK-WBBM

“Kita lakukan pembenahan baik terhadap rambu, marka jalan, penerang jalan, apapun yang ada di sana kita benahi mungkin kita tidak bisa menebar jala tetapi kita bisa membuat orang yang melintasi jalan itu menjadi tertib, menjadi tidak melanggar, tidak parkir sembarangan, tidak dengan kecepatan yang se enaknya,” tegasnya.

Semua peran lalulintas, kata Kapolda dapat tercapai atau dilakukan jika berkoordinasi dengan dengan mitra-mitra terkait.

“Lakukanlah evaluasi dari waktu ke waktu, ada peningkatan-peningkatan ke arah yang lebih baik,” pintanya. (keket)