Gelar Takbiran Keliling, Warga Ambon Kibarkan Bendera Palestina dan Turki

oleh -4.206 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Ribuan warga muslim di Kota Ambon melakukan pawai takbiran keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah, Rabu malam (12/5/2021).

Pawai takbiran keliling ini mulai digelar warga setelah Shalat Isya berjamaah di masjid-masjid di Kota Ambon.

Arak-arakan massa mulai terlihat dari arah Galunggung sekitar 21.00 WIT. Massa didominasi anak-anak kecil, mencoba menerobos barisan aparat di depan Masjid Agung Annur. Namun mereka tak berhasil dam disuruh putar balik ke arah Galunggung.

Beberapa menit berselang, massa dalam jumlah besar turun dari Galunggung dan menutup badan jalan.

Aparat gabungan kemudian menutup ruas jalan di simpang Jembatan Batumerah dengan balok-balok pembatas jalan untuk mencegah massa bergerak ke dalam kota.

Pawai keliling di gelar di sejumlah ruas jalan utama seperti Jalan Sultan Babulah, Jalan AY Patty dan jalan AM Sangadji.

Baca Juga  Bantu Sesama Mahasiswa, Permaru Gelar Aksi Galang Dana di Kota Dobo

Selain di pusat kota Ambon, pawai takbiran juga dilakukan ribuan warga muslim di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan juga di Jalan Sultan Hasanudin.

Pawai takbiran keliling ini mendapat pengawalan ekstra ketat dari aparat TNI dan Polri.

Puluhan Anggota Brimob juga terlihat menenteng senjata laras panjang untuk berjaga-jaga.

Pantauan media ini di Jalan Jenderal Sudirman, ratusan pemuda yang ikut pawai takbiran juga membawa bendera Merah Putih, bendera Turki dan puluhan bendera kebangsaan Palestina.

Mereka lalu mengibarkan tiga bendera tersebut sambil mengumandangkan takbir. Banyak dari warga juga ikut mengenakan surban khas Pelestina saat takbiran keliling itu.

Bendera Palestina dibawa warga sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina yang terus mengalami penindasan dan kekerasan dari Israel. Apalagi setelah serangan Israel ke warga Palestina di Masjid Al Aqsa saat Shalat Tarawih.

Baca Juga  Aliansi Anti Komunis Besarkan Hati Massa Pembakar Bendera PDIP: Jangan Takut Sama Hasto Gerombolan Ekasila

Sejumlah warga yang ditemui di Jalan Jenderal Sudirman mengaku mereka ikut membawa bendera Palestina sebagai bentuk dukungan dan rasa solidaritas bagi rakyat Palestina yang saat ini sedang ditindak tentara Israel.

“Ini malam kemenangan bagi seluruh umat islam di dunia dan di malam ini kami ikut menunjukkan rasa simpati dan solidaritas bagi saudara-saudara kami di Palestina,” kata Fandi.

Senada dengan Fandi, Iwan warga lainnya mengaku pengibaran benderah Merah Putih dan bendera Palestina di malam takbiran sebagai bentuk dukungan moral kepada rakyat Palestina yang saat sedang berjuang melawan agresi zionis Israel.

“Kita tidak bisa berbuat apa-apa kita hanya bisa mendukung secara moral dan mendoakan agar saudara-saudara kita tetap dilindungi di sana,” ujarnya.

Baca Juga  Pendekar Pena dan Klasifikasi Wartawan Ala Mahbub Junaidi

Sementara itu di kawasan Jalan Sultan Hasanudin, ribuan warga juga menggelar pawai dengan berjalan kaki sambil mengibarkan bendera Palestina.

Mereka juga membakar merecon tepat di depan Makam Australia, Kapaha.

Aparat gabungan dari Kepolisian, TNI dan unsur lainnya mengawal dan menjaga ketat takbiran keliling di Kota Ambon ini. Aparat keamanan juga mengalihkan sejumlah jalur lalu lintas di Kota Ambon selama takbiran keliling ini.

Sekitar pukul 23.00 WIT, barulah arak-arakan massa berhasil dibubarkan. Warga dipaksa mundur melalui Jalan Sultan Hasanuddin. (tim/bs)

No More Posts Available.

No more pages to load.