Gelombang Panas Ancam Pencairan Es Lebih Parah

oleh -38 views
Foto: REUTERS

Porostimur.com, Jenewa – Pengamat gletser terkemuka Matthias Huss telah memperingatkan bahwa awal musim panas yang hangat dikombinasikan dengan gelombang panas pekan lalu mungkin telah menyebabkan pencairan gletser yang parah di Swiss. Peristiwa ini mengancam menjadikan 2023 sebagai tahun terburuk kedua dalam hilangnya es setelah rekor pencairan es terpecahkan pada tahun lalu.

Peneliti dari pusat pemantauan gletser GLAMOS itu mengatakan, data lengkap baru akan tersedia pada akhir September. Penurunan suhu yang drastis serta hujan salju di dataran tinggi dalam beberapa hari terakhir dapat membantu membendung kerusakan lebih lanjut.

Tapi tanda-tanda awal berdasarkan pembacaan dari lima lokasi dan hasil pemodelan di seluruh Swiss menunjukkan, bahwa kerusakan besar mungkin sudah terjadi. “Kita dapat mengatakan, bahwa kita mengalami tingkat pencairan yang sangat tinggi di Swiss dan di Eropa secara umum karena suhunya sangat tinggi dalam jangka waktu yang lama, gelombang panas yang berlangsung lebih dari satu minggu,” kata Huss dalam sebuah wawancara pekan ini.

Baca Juga  30 Orang Terjaring Razia Prostitusi di Parepare

Ahli meteorologi Swiss melaporkan pekan lalu, bahwa suhu nol derajat Celcius telah meningkat ke tingkat tertinggi sejak pencatatan suhu di Swiss dimulai hampir 70 tahun yang lalu. Artinya semua pegunungan di negara Alpen tersebut menghadapi suhu di atas titik beku.