Gelombang Tinggi Wilayah Maluku, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

oleh -24 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Badan Meteorlogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Ambon merilis Prakiraan cuaca Maluku, Rabu (25/01/2023).

Rilis dengan nomor surat : ME.01.02/020/KAMB/I/2023 tentang Peringatan Dini Gelombang Tinggi berlaku 25 Januari 2023 jam 09.00 WIT – 26 Januari 2023 jam 09.00 WIT.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Ashar menyampaikan, Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 – 30 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 – 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di laut Natuna dan perairan kepulauan Anambas – kepulauan Natuna.

Tinggi gelombang 1,25-2,50 M (sedang) berpeluang terjadi di perairan Kepulauan Kei, Perairan Kepulauan Sermata-Leti dan Laut Arafuru Bagian Barat.

Memperhatikan kondisi gelombang tinggi tersebut BMKB mengeluarkan saran keselamatan terhadap keselamatan pelayaran Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m),

Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m),

Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

Selain itu, dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. (red)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.