Gempa 5,2 Guncang Kota Labuha, Listrik Padam, Warga Berhamburan Keluar Rumah

oleh -666 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Gempa berkekuatan 5,2 magnitudo kembali menggetarkan Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. BMKG mencatat gempa terjadi pada Jum’at (26/2/2021) pukul 20.02 WIT.

Pusat gempa terletak sejauh 11 km dari arah timur laut Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Tepatnya pada koordinat 0,54 lintang selatan dan 127,51 bujur timur dengan kedalaman 10 km.”Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG mengenai gempa ini di Twitternya, @infoBMKG, Jumat (26/2).

Melalui keterangan resmi BMKG yang diterima media ini, bahwa gempa tersebut memiliki episenter pada koordinat 0,55 Lintang Selatan dan 127,56 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 kilometer arah utara Kota Labuha. Kedalaman gempa adalah 10 km.

Link Banner

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun (normal fault),” ungkap Kepala BMKG Halsel Wijayandi.

Baca Juga  Buru Selatan Butuh Pemimpin yang Kerja Dengan Hati

Meski tidak berpotensi tsunami, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Labuha sebesar IV MMI. Amatan media ini listrik seketika padam membuat warga seputran kota labuha panik dan berlarian keluar rumah.

Selain itu Kepala BMKG Halsel juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Laporan wartawan media ini dari lapangan menyebutkan, sejumlah bangunan mengalami retak ringan hingga berat, listrik padam dama warga yang panik berhamburan keluar rumah. (adhy)