Gempa 7.1 SR Disertai Peringatan Dini Tsunami, Warga Bitung Panik dan Mengungsi

oleh -1.440 views
Link Banner

Porostimur.com | Bitung: BMKG melaporkan terjadi Gempa bumi di Jailolo, Maluku Utara. Gempa berkekuatan 7,4 SR yang kemudian di mutakhirkan menjadi 7.1 SR itu berpotensi tsunami.

BMKG melalui akun Twitternya @InfoBMKG menginformasikan gempa itu terjadi pada Kamis (14/11/2019) sekitar pukul 23.17 WIB. Pusat gempa berada 22 km barat laut Jailolo.

Gempa berada di kedalaman 110 km. Lokasi gempa ada di koordinat 1,63 Lintang Selatan dan 126,40 Bujur Timur.

“Gempa Mag:7.4, 14-Nov-19 23:17:41 WIB, Lok:1.63 LU,126.40 BT (134 km BaratLaut JAILOLO-MALUT), Kedalaman: 10 Km, Potensi tsunami untuk diteruskan pada masyarakat #BMKG,” bunyi twitter BMKG.

Wartawan porostimur.com di Bitung, Sulawesi Utara, Ardan Gala melaporkan, warga mengalami kepanikan dan berhamburan ke jalan ketika terjadi gempa.

Baca Juga  Peringati HUT Maluku Ke-76, Hanubun: Maluku Tenggara Jangan Dilupakan

Saat ini warga di pesisir pantai seperti di Girian, Candi, Tanjung Merah, Tinongbala dan Air Tembaga dilaporkan telah mengungsi di ketinggian, menyusul Peringatan Dini Tsunami yang dikeluarkan oleh BMKG.

Petugas BMKG Bitung bagian Fotocraper, Lidya Monika S.Tr menghimbau masyarakat agar tetap tenang, waspada dan tetap ikuti arahan dari instansi terkait.

“Krn BMKG menginformasikn Peringatan Tsunami dan Kota Bitung Waspada, kepada seluruh masyrakat diharapkn utk menghindar daerah pesisir pantai ,cari tempat tertinggi minimal 20 M, seluruh jalan 46 itu sdh ada dlm area diatas 20 M, Sambil Trng berdoa kiranya Kota Bitung dalam Lindungan Tangan Tuhan.. GBU All, ” tulis Lidya via pesan What Apss. (dan)

Baca Juga  Pelatihan kewirausahaan diapresiasi 2 siswa SMASKris YPKPKM Ambon