Gempa Beruntun Guncang Nusalaut, 1 Warga Terluka

oleh -68 views
Link Banner

Porostimur.com| Ambon: Dua gempa beruntun mengguncang Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah, hanya dalam selang waktu satu menit, Senin (25/11/2019) siang tadi.

Gempa pertama dengan kekuatan 4,4 magnitudo terjadi pada Pukul 11.31 WIT. Sedangkan gempa kedua dengan kekuatan magnitudo 4.3 terjadi pada pukul 11:32 WIT,

Gempa yang dirasakan sangat kuat getarannya itu berada pada lokasi 3.65 Lintang Selatan dan 128.74 Bujur Timur atau berpusat pada 5 kilometer Nusalaut dan 13 kilometer Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa dengan skala III MMI dan di Nusalaut dengan skala IV MMI.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Sunardi mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Baca Juga  Kapolres Kepulauan Sula Tegaskan Polri Netral Dalam Pilkada Serentak Tahun 2020

Hanya berselang 1 menit, setelah gempa bermagnitudo 4,4, sebuah gempa bermagnitudo 4,3 magnitudo kembali mengguncang wilayah tersebut.

Gempa kedua itu dirasakan warga dengan skala III MMI di Saparua dan II MMI di Kota Ambon.

Akibat gempa beruntun tersebut,

dilaporkan satu warga di Negeri Abubu, Nusa Laut, Maluku Tengah, mengalami luka atas nama Maria Lekahena.

Maria mengalami luka sobek pada bagian kepala karena tertimpa reruntuhan bagunan rumah miliknya saat gempa tersebut terjadi. Maria langsung dilarikan ke Puskesmas untuk mendapatkan pertolongan medis.

Baca Juga  Pengurus Pemuda Pancasila Turin Italia