Gempa Beruntun M 4,0 dan M 2,5 Terjadi di Kairatu Malam ini

Porostimur.com | Ambon: Gempa bumi bermagnitudo 4,0 mengguncang di Ambon, dan Kairatu Maluku. Kedalaman gempa adalah 10 kilometer.

Dilihat dari akun Twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa pertama berlokasi di koordinat 3,37 Lintang Selatan (LS) dan 128,36 Bujur Timur (BT), Jumat (6/1022019) pukul 23:04:51 WIT.

Pusat gempa berada di darat dengan jarak 3 km arah Selatan Kairatu, dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa dirasakan (MMI) III-IV Kairatu, II Ambon,” tulis BMKG di akun Twitternya.

Selain itu, pada pukul 23:26:22 WIT, gempa kembali mengguncang Kairatu, namun dengan magnitudo yang lebih rendah yaitu 2,5. Gempa terjadi di titik koordinat 3,35 LS dan 128,38 BT.

Gempa kedua ini berpusat di darat dan berjarak 3 kilometer sebelah Timur Kairatu dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa dirasakan (MMI) II di Kairatu.

Sedangkan Gempa ketiga terjadi pada Pukul 23:52:33 WIT atau selang beberapa menit saja dengan kedua gempa sebelumnya.

Gempa ketiga ini jaga mengguncang Kairatu, dengan magnitudo 2,5. Gempa terjadi di titik koordinat 3,40 Lintang Selatan dan 128,37 Bujur Timur.

Gempa kedua ini berpusat di laut dan berjarak 7 kilometer sebelah Selatan Kairatu dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa dirasakan (MMI) II di Kairatu.

Skala MMI IV di Kairatu, artinya pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Skala MMI III artinya Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Skala MMI II artinya Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. (red/rtl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: