Gempa Halut, 54 Rumah dan 4 Gereja Rusak, 2 Orang Luka

oleh -2 views

Porostimur.com, Tobelo – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, kembali merilis jumlah kerusakan bangunan akibat gempa magnitudo 5,5 SR, Senin (10/1/2022) bertambah menjadi 57 rumah dan 4 fasilitas umum.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Halut, Henny Tonga, mengatakan pasca gempa tim langsung diterjunkan ke lapangan untuk melakukan pendataan jumlah bangunan yang rusak akibat dampak gempa.

“Dari hasil pendataan itu terdapat 57 rumah rusak dan 4 fasilitas umum,serta 2 orang mengalami luka-luka,” ujar Henny

“Di antaranya 34 unit rumah rusak ringan, 18 unit rumah rusak sedang, 5 unit rumah rusak berat, 3 unit rumah ibadah rusak ringan, 1 unit Kantor Desa Kusuri rusak ringan,” jabar Henny.

Ia menambahkan, daerah yang terdampak gempa yakni di Kecamatan Tobelo Barat, Kao Barat, Desa Kusuri, Desa Wangongira, Desa Soamaetek, Desa Pitago, dan Desa Kai.

“Terdapat 1 orang korban patah tulang dan 1 orang cedera ringan, BPBD kemudian berkoordinasi dengan pemerintah desa dan korban sudah dirawat di rumah sakit,” ungkapnya.

Sementara jumlah kerugian materil, pihaknya masih melakukan pendataan.

“Kebutuhan mendesak saat ini adalah tenda pengungsian dan logistik,” tandasnya melansir tandaseru.com.

Kepala BPBD Halmahera Utara, Abner Manery saat dikonfirmasi, membenarkan informasi tersebut.

Abner bilang, untuk warga Desa Kusuri yang mengalami luka di bagian kepala dan patah tulang akibat dari tertimpa batu bata itu sudah dilakukan penanganan medis.

“Korban sementara sudah ditangani oleh tim medis,” ucapnya.

Seperti diberitakan media ini sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis telah terjadi tiga kali gempa di Halmahera Maluku Utara sejak Sabtu 8 Januari 2022 hingga Senin 10 Januari 2022.

Menurut BMKG, Maluku Utara dilanda gempa hari ini terakhir pada Senin 10 Januari 2022 sekitar pukul 06:59:07 WIT.

BMKG sebut Maluku Utara gempa hari ini berkekuatan magnitudo 5.5 dengan kedalaman 10 km.

BMKG sebut gempa Maluku Utara terjadi pada lintang 1.49, 127.85 LS.

Gempa tersebut terjadi di 5 km Barat Daya Halmahera Utara. Ini merupakan gempa susuluan dari gempa sebelumnya. (red/tsc)

No More Posts Available.

No more pages to load.