Gempa Hari Ini: M 5,4 Guncang KKT, Tak Berpotensi Tsunami

oleh -13 views
Link Banner

Porostimur.com | Saumlaki: Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 5,4 mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar  pada pukul 14.24 WIB atau pukul 16.24 WIT dan tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,2.

BMKG, menyatakan bahwa episenter gempabumi ini terletak pada koordinat 6,50 LS dan 129,99 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 219 kilometer arah Barat Laut Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku pada kedalaman 185 km.

Menurut data BMKG, dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar oblique turun (oblique-normal fault),”

Baca Juga  Az Alkmaar Tempel Ketat Ajax Amsterdam di Klasemen Liga Belanda

Kendati lokasi gempa bumi ini berada di laut, hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Namun, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Saumlaki dengan skala intensitas II-III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Selain itu, berdasarkan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat di sekitar wilayah tersebut, juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Upayakan periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa, yang membahayakan kestabilan bangunan. 

Baca Juga  Sairdekut: Penderita Penyakit Lain Selain Corona Pun Harus Dilayani

(red)