Gempa Labuha: 63 Rumah di Amasing Kota Rusak, Kodim Siagakan Pasukan

oleh -92 views
Link Banner

Porostimur.com |Labuha: Gempa Magnitodo 5,2 yang terjadi pada Jumat (26/2/2021) sekitar pukul 20:02 WIT di Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara (Malut) mengakibat puluhan rumah warga di Ibu Kota Labuha dan sekitarnya mengalami kerusakan.

Sekertaris Desa Amasing Kota Utara, Ajid Abdullah menjelaskan, di desanya terdapat 63 rumah warga yang mengalami retak dan dinding rumah roboh.

“Rumah warga yang rusak berat sebanyak 7 rumah, sisanya 56 rumah rusak ringan. Tidak ada korban jiwa,” ujar Ajid.

Selain rumah warga kata Ajid, terdapat satu unit sekolah SMK mengalami retak di bagian lantai di semua ruangan kelas. Plafon ruangan pun jatuh ke lantai.

Link Banner

“Ruangan laboratorium juga rusak. Komputer ikut jatuh ke lantai. “Kemudian satu rumah ibadah mesjid juga retak dibagian gubah,” tutur Ajid.

Baca Juga  Jokowi Terbitkan Keppres Pemberhentian Tidak Hormat Evi Novida sebagai Komisioner KPU

Kodim 1509/Labuha Bantu Evakuasi Pasien dan Bangun Tenda di RSUD Labuha

Sementara itu, tak lama setelah gempa Dandim 1509/Labuha Langsung memerintahkan seluruh personil Kodim 1509/Labuha untuk siaga, dan mengerahkan pasukan untuk membantu masyarakat serta mendata kerusakan bangunan maupun jika ada korban jiwa.

Dandim 1509/Labuha, Letkol Inf Untung Prayitno.S.I.P.,M.Han mengatakan, personilnya langsung bergerak cepat bersama Tim dari BPBD dan Polres Halsel dengan membangun tenda darurat di RSUD Labuha dan mengevakuasi pasien RS yang sempat berhamburan keluar dari RS.

Sampai berita ini diturunkan personil Kodim 1509/Labuha tetap standby di RSUD, dan membantu beberapa pasien untuk masuk ke ruangan perawatan.

Dandim 1509/Labuha mengimbau masyarakat Kabupaten Halmahera Selatan agar tidak panik. “Kamitelah menyiagakan pasukan, baik di Makodim maupun yang di RSUD serta telah menyebarkan pasukan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan,” kata Dandim.

Baca Juga  Jurnalis yang Bertugas di Kantor DPRD Maluku Akan Jalani Swab Test

“Kami juga terus berkoordinasi dengan BPBD Halsel dan Polres Halsel untuk terus memantau, mendata dan membantu masyarakat pasca gempa,” pungkasnya. (adhy)