Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Morotai

oleh -202 views
Link Banner

Porostimur.com | Daruba: Gempa bumi teknotik magnitudo 4,3 SR (skala richter) mengguncang Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, pada Sabtu (4/4/2020).

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa terjadi pada pukul 07:14:17 WIT, berkekuatan 4,3 skala richter (SR). Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.87 LU dan 128.47 BT, atau tepatnya berlokasi pada jarak 27 Km Tenggara Daruba, Morotai, Maluku Utara pada kedalaman 29 km.

Lewat akun Twitter resminya BMKG mencuitkan gempa terjadi sekitar pukul 07:14:17WIT. Pusat gempa berada di laut.

Kepala Stasiun Geofisika Manado Abraham F. Mustamu menjelaskan,dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang berdekatan dengan pusat epicenter.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang, tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Baca Juga  8 Film Tentang Media Sosial yang Bikin Menguras Emosi, Capek Beb!

Gempa dirasakan pada skala (MMI) II di Daruba. Artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada laporan tentang ada tidaknya kerusakan dan korban jiwa akibat gempa tersebut. (vonny)