Gempa Magnitudo 5.0 Guncang Maluku Utara

oleh -111 views
Link Banner

Porostimur.com | Morotai: Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5.0 dilaporkan mengguncang wilayah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, pada pukul 14.34 WIT, Ahad, 5 Juli 2020.

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa itu berpusat di 2.68 Lintang Utara, 128.21 Bujur Timur (pusat gempa berada di laut 70 kilometer Barat Laut Daruba), dengan kedalaman 27 kilometer. 

Menurut BMKG, getaran gempa dirasakan di wilayah (MMI) III Morotai. BMKG menyatakan, gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Menurut catatan BMKG, guncangan gempa bumi ini dirasakan di Morotai  III MMI. “Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi itu dan dilaporkan tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga  Peringati Hari Juang TNI AD ke 74, Yonif RK 732/Banau Gelar Pengobatan Gratis

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah. (red)