Gempa Magnitudo 5.3 Guncang Jailolo Halmahera Barat

oleh -50 views
Link Banner

Porostimur.com | Jailolo: Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang Kota Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Rabu (12/8/2020) pukul 19.26 WIT malam inj.

Gempa berlokasi di kedalaman 10 kilometer, pada koordinat 1,43 Lintang Utara dan 126,42 Bujur Timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa bumi berjarak 123 km Barat Laut Kota Jailolo, Halmahera Barat dan 127 km Barat Laut Kota Ternate. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Petugas BMKG Ternate Taufik Taufan menjelaskan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,2 SR. Episenter gempa bumi terletak pada kedalaman 44 km.

Link Banner

Taufik bilang, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Laut Maluku.

Baca Juga  DPP Tugaskan Murad Pimpin DPD PDIP Maluku 5 Tahun kedepan

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik,” terangnya mengutip tandaseru.com.

Ia menambahkan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Pulau Mayau, Kota Ternate, Bitung, Tomohon, dan Manado.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” ujar Taufik.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Barat Imran Lolori menyatakan, Pemerintah Daerah Halmahera Barat tengah melakukan pendataan terhadap dampak gempa 5,3 SR tersebut.

“Kami sedang melakukan monitoring di lapangan, dan sejauh ini belum ada laporan kerusakan maupun korban meninggal dunia. Kami masih butuh waktu karena ada sebagian wilayah yang sulit dijangkau,” ujar Imran.

Baca Juga  PKC PMII Maluku Utara Tolak Kenaikan Tarif Kapal Ferry

Sampai malam ini, kata Imran, masih dilakukan upaya komunikasi dengan daerah terisolir misalnya di Kecamatan Ibu. Karena itu, Pemda belum bisa menyimpulkan tingkat kerusakan akibat gempa bumi ini.

“Kecamatan masih dilakukan upaya komunikasi. Insya Allah malam ini juga sudah bisa kita ketahui perkembangan,” tuturnya.

Di wilayah Kota Jailolo sendiri, gempa dilaporkan dirasakan cukup kuat yakni sekitar II hingga III MMI. (red/tsc)