Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Kepulauan Aru, BMKG: Terasa Hingga Kaimana dan Tual

oleh -15 views

Porostimur.com, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik mengguncang wilayah Kepulauan Aru, Maluku, pada Kamis, 7 Maret 2024, pukul 06.57.00 WIB.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,3,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui keterangan tertulis, Kamis, 7 Maret 2024. 

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,87° Lintang Selatan dan 134,11° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 100 kilometer arah barat laut Kepulauan Aru, Maluku, pada kedalaman 27 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas deformasi batuan kerak bumi di Zona Graben Aru,” ujar Daryono.

Link Banner

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun dengan kombinasi mendatar (oblique normal fault),” tambahnya.

Baca Juga  Kemendagri: Perencanaan Pembangunan Daerah harus Selaras dengan Pembangunan Nasional

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Dobo, Kaimana dan Tual dengan skala intensitas II- III MMI, yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

No More Posts Available.

No more pages to load.