Gempa Malam Ini – Kairatu Diguncang Gempa 3.1 Magnitudo

oleh -42 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Gempa malam ini mengguncang Kairatu, Pulau Seram, Maluku dan sekitarnya pada 20:29:32 WIT, Selasa, 30 Juni 2020. BMKG mengumumkan gempa bumi tersebut berkekuatan Magnitudo 3.1 SR.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa malam ini berada pada titik koordinat 3.51 LS, 128.25 BT.

Menurut BMKG pusat gempa berlokasi di 22 km Barat Daya Kairatu dan 22 km Utara Ambon. Adapun kedalaman pusat gempa (hiposentrum) tersebut adalah 10 Km.

BMKG juga mengingatkan agar masyarakat di Kairatu mewaspadai potensi gempa susulan.

Link Banner

Berdasarkan data yang dirilis BMKG, guncangan akibat gempa Kairatu malam ini dirasakan pada sejumlah tempat berikut III-IV (MMI) di Tulehu dan II (MMI) di Kairatu.

Baca Juga  Lanud Pattimura Membantu Warga Terdampak Gempa Bumi di Pengungsian Bukit Ohara

Bacaan Doa Saat Terjadi Gempa

Saat terjadi gempa, ada baiknya kita berdoa untuk memohon perlindungan pada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Bagi pemeluk agama Islam, Anda bisa membaca doa saat terjadi gempa bumi seperti yang disampaikan KH Abdul Karim atau Gus Karim, pengasuh Pondok Pesantren Al-Qur’an Azzayadi Solo.

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini.

Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.” (red)