Gempa Terkini Magnitudo 4,9 Getarkan Masohi, Tidak Berpotensi Tsunami

oleh -64 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Gempa bumi tektonik M4,9 mengguncang wilayah Masohi, Rabu (12/1/2022) siang.

Episenter gempa terletak pada koordinat 3.45° LS; 128.84° BT, atau tepatnya berada pada jarak 16 km barat days, Masohi, Maluku Tengah dengan kedalaman 10 km.

“Update Info Gempa Mag:4.9 SR, 12-Jan-22 12:06:13 WIT, Lok:3.45 LS-128.84 BT (16 km Baratdaya Masohi-MALTENG, 20 km Tenggara Elpaputih-MALTENG), Kedlmn:10 km, dirasakan di Masohi dan Tehoru III MMI, Ambon II MMI,” tulis BMKG Maluku di akun resmi Twitternya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser.

Baca Juga  MU Dibantai Brighton, Erik Ten Hag Dapat Bocoran Penting dari Bruno Fernandes

Guncangan dirasakan di wilayah Masohi dan Tehoru III MMI dan II MMI di Ambon. Getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. “Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” imbau petugas.

(red)

No More Posts Available.

No more pages to load.