Geng curanmor berhasil dibekuk, 4 unit sepeda motor disita polisi

oleh -132 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Semakin maraknya aksi pencurian sepeda motor belakangan ini di Kota Ambon dan sekitarnya, menyita atensi Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Gabungan personil Buser Polres Ambon akhirnya berhasil membekuk kawanan pencuri kendaraan bermotor (curanmor), khususnya sepeda motor beranggotakan 3 warga Ambon, Jumat (16/3).

Informasi yang berhasil dihimpun dari tubuh Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Rabu (21/3), menyebutkan pembekukan ketiga tersangka sesuai LP Nomor : 77/II/2018/Maluku/Res Ambon tanggal 7 Pebruari 2018, LP Nomor : 162/III/2018/Maluku/Res Ambon tanggal 16 Maret 2018 dan LP Nomor : 164/III/2018/Maluku/Res Ambon tanggal 16 Maret 2018.

Adapun ketiga tersangka yang berhasil diamankan yakni Frikis Josten alias Ramly (26), Zulkelvin Paris alias Kelvin (20) dan Aldo Ode alias Abang (30).

Disebutkan, Kamis (15/3) sekitar pukul 23.00 Wit, tim gabungan Buser menerima informasi adanya 1 orang tersangka yang akan melakukan aksi curanmor.

Baca Juga  BJ Habibie mendekap dan mengelus-elus kepala Xananan Gusmao.

Sayangnya, setelah pemantauan penuh hingga Jumat (16/3), sekitar pukul 08.00 Wit, masih belum ada tanda-tanda akan terjadinya curanmor pada titik-titik rawan yang sudah tedeteksi.

Sekitar pukul 14.00 Wit, tim gabungan personil Buser Polres Ambon kembali menerima info tentang tersangka Kelvin yang sudah melakukan curanmor jenis Yamaha Jupiter Z1 berwarna merah di daerah Mangga Dua dan oleh tersangka  motor ini diparkir di tempat penjualan ikan asar Galala, kemudian dibawa tersangka lagi ke salah satu bengkel sekitar wilayah SMPN 3 Ambon di Galala.

Saat salah satu tersangka, Ramli, hendak menjemput motor dimaksud, ia justru ditangkap oleh gabungan Resmob Community (Buser Polres Ambon), berikut barang bukti pun turut diamankan bersamanya.

                       Salah satu TSK

Hasil pengembangan tersangka Ramli, didapati bahwa motor dimaksud dicuri ketiga tersangka di daerah Mangga Dua, sehari sebelumnya.

Baca Juga  Usia baru, TNI AU programkan pengadaan alutsista

Dan pada pukul 18.00 Wit, kedua tersangka lainnya, Kelvin dan Abang, berhasil diamankan di Pasar Lama.

Dari pemeriksaan ketiganya, Resmob Community menuju ke daerah Perumnas Poka, di pemukiman warga dekat Komplek PGSD, ditemui 3 unit sepeda motor yakni 1 unit Honda Sonic warna merah putih, 1 unit Yamaha Vega R dan 1 unit Yamaha Jupiter MX.

                      Salah satu TSK

Sejak bebas dari Lapas Desember 2017 lalu, tersangka Ramli mengaku sudah 6 kali beroperasi curanmor dengan lokasi antara lain Lorong dekat Kantor Pemadam Kebakaran, Yamaha MX. King bulan Februari 2018 (BB berada pada Noce Taniwel di Kairatu, Kabupaten SBB), Lorong Karaoke X-Nine pada bulan Februari 2018, Yamaha Mio IM3 (BB berada pada Noce Taniwel di Kairatu, Kabupaten SBB).

Sebelumnya, di bulan Januari 2018 yang bersangkutan juga melakukan curanmor di Lorong sebelum Swalayan Indo Jaya, Yamaha MioJ (BB berada pada Noce Taniwel di Kairatu, Kabupaten SBB), Januari 2018 di Lapangan Merdeka, Yamaha Mio.J (BB dijual kepada seseorang di daerah Benteng Karang, tetapi tersangka lupa orangnya).

Baca Juga  Masuk Daftar 100 Perempuan Tercantik Dunia, Ini 5 Fakta Perjalanan Agnez Mo

Sedangkan pada Maret 2018, tersangka melakukan curanmor di Batu Gantung Ganemo, Motor Honda Revo (BB berada di Tenggara Adodo, pada Hendrik Tan) dan Jumat (16/3) tersangka beroperasi di

Mangga Dua, Yamaha Vega ZR warna merah (BB telah ditemukan dan sudah diamankan di Polres Ambon).

Sementara sesuai pengakuan Kelvin dan Abang, keduanya baru melakukan curanmor sebanyak 2 kali yakni Rabu (14/3) Honda Sonic Warna Merah Putih yang sudah diamankan di Mapolres Ambon dan Jumat (16/3), saat itu keduanya dibantu tersangka Ramli.

Untuk penanganan lebih lanjut, ketiga tersanka sudah diserahkan ke Penyidik Unit Ranmor. (febby sahupala)