GPM Klasis Pulau Ambon Lakukan Pemutakhiran Data MSIPT

oleh -30 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Klasis GPM Pulau Ambon melakukan pemutakhiran Manajemen Sistem Informasi Pelayanan Terintegrasi (MSIPT) GPM di aula Kantor Klasis Pulau Ambon, setelah dua tahun melakukan penginputan data secara bertahap di jemaat masing-masing.

Data-data tersebut kemudian digunakan untuk membuat dokumen Renstra jemaat. MSIPT GPM telah mengalami perkembangan fitur sesuai kebutuhan pelayanan dan telah di buat fitur rekapitulasi data renstra yang disesuaikan dengan data pada BAB II Renstra GPM.

Klasis Pulau Ambon mekiliki 23 jemaat pelayanan. Kegiatan tersebut berlangsung 27/11/2021 melalui arahan Sekretaris Klasis Pulau Ambon Pdt. R. Muskita, M.Th memberikan beberapa catatan antara lain :

Terkait pengerjaan data berbasis MSIPT GPM, yang bisa menjadi operator hanya warga gereja yang suda mengikuti pelatihan atau dilatih sesuai proses yang diselenggarakan oleh Klasis Pulau Ambon.

  1. Pada Fitur Pembetulan harus dilihat sehingga tidak ada lagi data yang tidak terisi atau data yang belum benar.
  2. Perhatikan alur notifikasi / pemberitahuan tentang atestasi untuk dilakukan di konfirmasi sesuau aturan tentang atestasi.
  3. Data harus di update berkala seperti ; data orang meninggal, data kenaikan kelas atau lulus sarjana, jenis pekerjaan, jiwa anggota jemaat baru lahir, jenis bantuan, data katekisasi.
  4. Proses pemutakhiran data dilakukan dengan mekanisme, masing-masing jemaat melakukan presentasi.
Baca Juga  Diskusi dengan JMSI Sumut, Jaksa Prima Jelaskan Peran JPN dalam Penyelamatan Aset Negara

Menurut Muskita dengan demikian setiap jemaat dapat saling mengoreksi satu dengan yang lain secara objektif dan transparan sehingga semua jemaat mengetahui posisi data atau gumulan data yang telah dikerjakan dengan persoalan yang dihadapi dapat dibicarakan bersama-sama dengan dihadirkan Kepala Media Center GPM.

Muskita juga menegaskan bahwa, kerja pengelolaan data pelayanan Gereja itu tidak mudah, kita butuh waktu menahun untuk bisa melihat posisi data dan selanjutnya mengevaluasi bersama untuk memastikan ketersediaan data pelayanan yang baik untuk memastikan tidak ada yang tercecer dalam fungsi pelayanan yang dilakukan di  jemaat masing-masing.

Dalam agenda tersebut hadir Kepala Media Center GPM Pdt. Maryo Manjaruni, M.Cs yang kemudian memberikan penjelasan berdasarkan pertanyaan yang di sampaikan oleh admin tingkat jemaat dan menerima masukan-masukan.

Manajruni juga menjelaskan bahwa MSIPT GPM telah mengalami pengembangan fitur aplikasi antara lain Fitur Pemberitahuan atau notifikasi HUT Lahir, HUT Nikah, Penambahan Anggota keluarga baru, dan Atestasi Masuk.

Fitur Laporan Siswa Katekisasi, Fitur Riwayat Pelayanan Jemaat, Fitur Pendelegasian Sektor dan Unit, serta Fitur Sekretaris.

Baca Juga  KPU Usul ke Jokowi Agar Eks Napi Korupsi Dilarang Maju Pemilu

Pengembangan tersebut dibuat pada pertengahan tahun 2021, dalam komitmen pelayanan bersama Media Center GPM berupaya melakukan pembenahan aplikasi tersbut secara berkala dari sisi Teknologi Informasinya (pemograman).

Sehingga fungsi integrasi pelayanan pada basis jemaat dapat menggunakan data pada basis pelayanan secara akurat dan akuntabel yang juga berdampak pada integrasi pada MSIPT GPM lingkup Klasis.

Manjaruni juga berharap, Klasis Pulau Ambon bisa menjadi Klasis yang secara kuantitas memiliki jumlah data jiwa  jemaat terbanyak dapat menuelesaikan datanya secara akurat dari sisi pembetulan.

Peserta yang hadir adalah perwakilan pada setiap jemaat dalam lingkup Klasis Pulau Ambon, kemudian memberikan penjelasan sekaligus pernyataan agar segera menyelesaikan proses pemutakhiran data secepatnya lebih khusus kepada jemaat yang datanya belum sempurna untuk dibetulkan melalui menu pembetulan.

Menurut Herlin Johanes, kami sangat terbantu melalui aplikasi ini, karena sifatnya online dan jika terjadi proses pergantian operator tidak masalah atau terjadi kendala teknis jika komputer rusak maka peroses pengelolaan data dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Begitupun yang dikatakan Barce Titioka, bahwa kami memberikan apresiasi kepada Sinode GPM yang suda boleh bekerja keras menciptakan aplikasi yang memudahkan kami pada semua level pelayanan untuk melakukan kerja renstra serta analisa pelayanan lainnya.

Baca Juga  Kapolda Maluku Terima Kunjungan Silaturahmi Ustadz Muksin Ibrahim

Disisi yang lain Alex Pesiwarissa menjelaskan secara detail tentang data MSIPT GPM Jemaat Nehemia yang suda di entri pada semua kebutuhan data tanpa kurang satupun.

Pesiwarisa juga memberikan masukan agar elemen data pengasuh dapat dibuat spesifik perjenjang pelayanan. Pesiwarisa turut mengapresiasi Sinode GPM yang secara serius meihat MSIPT GPM sebagai basis data pelayanan yang ditandai dengan pengembangan aplikasi secara berkala.

Setelah kurang lebih 4 jam kegiatan berlangsung, data-data yang dipresentasikan oleh setiap jemaat dicatat oleh Sekretaris Klasis Pdt. R. Muskita, M.Th, dalam catatannya yang dirinci setelah proses evalusai berlangsung menyatakan 8 Jemaat yang telah menyelesaikan data pada sisi data pembetulan secara baik, antara lain .

  1. Jemaat GPM Nehemia
  2. Jemaat GPM Imanuel OSM
  3. Jemaat GPM Pancaran Kasih
  4. Jemaat GPM Sinar
  5. Jemaat GPM Waemahu
  6. Jemaat GPM Soya
  7. Jemaat GPM Seri
  8. Jemaat GPM Tuni .

(red/gpm/infopublik)