Gubernur Maluku Minta Wellem-Olivia Jadi Duta Wisata

oleh -28 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Grand Final Pemilihan Putra-Putri The Natsepa (PPTN) 2019 akhirnya menetapkan Wellem Sabono dan Olivia Lebrina Inuhan sebagai juara. Wellem dan Olivia terpilih sebagai pemenang setelah bersaing dengan 28 finalis lainnya.

Menempati posisi pemenang kedua yakni William Pattiwael (Putra) dan Andi Nurlela (Putri), serta posisi ketiga Marshalo Kakerisa (Putra) dan Sydney Citra Sarimanella (Putri).

Puncak acara grand final di Ball-room The Natsepa Hotel, Sabtu malam (31/8) itu disesaki pengunjung sekiranya 800 orang. Para finalis tampil dengan gagah dan anggun dalam balutan pakaian khas Maluku. Hampir semuanya menggunakan pakaian berbahan dasar kain tenun. Para pendukung masing-masing finalis pun membuat semarak jalannya grand final.

Pemilihan PPTN 2019 ini dihadiri Gubernur Maluku Murad Ismail, dan istrinya Widya Murad Ismail. Hadir pula Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury, dan Asisten III Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Maluku Kasrul Selang.

Link Banner

Gubernur Maluku, Irjen Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail saat memberikan sambutan berharap kegiatan ini dapat melahirkan figur-figur yang bisa menjadi Duta Wisata dalam mempromosikan kekayaan seni, budaya dan pariwisata di Maluku.

Baca Juga  Kunker Ke Aru, Kapolda Maluku Gelar Dudu Bacarita Kamtibmas

“Selain sebagai sarana pengembangan kreativitas, bakat, dan kecerdasan generasi muda, penyelenggaraannya dapat dikembangkan sebagai salah satu agenda wisata sekaligus untuk mencari figur yang bisa berperan menjadi Duta Wisata,” kata Murad.

Dirinya memberikan apresiasi kepada pihak The Natsepa Hotel yang telah berinistiaf melaksanakan kegiatan ini, dan bahkan sudah berlangsung selama lima tahun.

“Sebagai pribadi dan atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada General Manager The Natsepa karena memiliki kepedulian yang besar terhadap pengembangan potensi snak muda di Maluku, serta dalam memajukan pariwisata di Maluku,” ujar Murad.

Ditegaskannya, Maluku memiliki potensi kepariwisataan yang sangat beragam dan berpeluang untuk dikembangkan sebagai salah satu destinasi unggulan di kawasan timur Indonesia.

Baca Juga  HIPMI Maluku Utara Peduli, Salurkan Sembako di Tengah Pandemi Covid-19

“Maluku memiliki wisata yang beragam dan butuh pengembangan yang optimal. Pemilihan PPTN 2019 ini memiliki makna strategis untuk memperkenalkan pariwisata di Maluku lebih luas lagi,” tandas Murad.

GM The Natsepa, Miguel Garcia, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pemilihan PTPN 2019 ini yakni bagaimana pihaknya berupaya untuk terus menghidupkan budaya lokal untuk lebih terkenal di Indonesia bahkan mancanegara.

Menurut Miguel, meskipun Maluku memiliki potensi alam yang indah, punya kuliner yang enak, punya budaya yang unik, namun wisatawan yang berasal dari luar, harus mempunyai alasan kenapa dia mau datang ke Maluku.

Pemilihan PPTN 2019 kali ini merupakan tahun kelima penyelenggaraannya, dengan jumlah peserta yang terdaftar 183 orang. Dari hasil seleksi awal kemudian dipilih 30 besar yang terdiri atas 15 Putra dan 15 Putri. Mereka ini tampil sebagai finalis di grand final.

Baca Juga  Kanwil Kemenkumham Malut Ikuti Bimbingan Teknis Aplikasi ZIP

Sementara itu, sebagai Dewan Juri adalah Widya Murad Ismail (Istri Gubernur Maluku), Renitasari Adrian (Promotor Budaya), Adinia Wirasti (Artis), Rory Asyari (News Anchor dan Jurnalis), dan Leinda Melissa Wattimena (Putri Indonesia 2018 asal Provinsi Maluku). (Keket)