Gugatan Petahana Hendrata Thes Ditolak MK, Fifian Adeningsi Mus Bupati Perempuan Pertama di Malut

oleh -284 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan dan menolak permohonan sengketa pilkada yang diajukan Hendrata Thes dan Umar Umabaihi (HT-Umar), pasangan nomor urut satu pemilihan kepala daerah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), dalam sidang putusan sela, Rabu 17 Februari 2021.

Hakim MK yang membacakan amar putusan dalam perkara tersebut menyebutkan mengadili dalam eksepsi, menyatakan eksepsi Termohon dan Pihak Terkait berkenaan dengan kedudukan hukum Pemohon beralasan menurut hukum.

MK juga menyatakan gugatan Pemohon tidak memiliki kedudukan hukum, sehingga pokok permohonan yang diajukan Pemohon tidak dapat diterima.

Dengan demikian, pasangan Fifian Adeningsi Mus dan Saleh Marasabessy (FAM-SAH), sah terpilih dan siap di lantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD II Partai Golkar Kepulauan Sula, Ahkam Gazali mengatakan bahwa putusan MK itu membuktikan bahwa gugatan HT-Umar tersebut tidak mendasar.

Baca Juga  Ini Pesan Tiara Lewat Lagu Hadapi Berdua

“Jelas apa yang dituduhkan terhadap HT-Umar itu sangat tidak benar,” katanya saat wawancarai media ini.

Ahkam menegaskan kemenangan FAM-SAH adalah kemenangan seluruh masyarakat di Sula, yang telah berhasil melahirkan pemimpin baru.

Fifian juga menjadi perempuan pertama yang terpilih sebagai kepala daerah di Provinsi Maluku Utara.

“Selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih Fifian Adeningsi Mus dan M Saleh Marasabessy,” ujarnya.