Gunung Ibu Erupsi Lagi, Tinggi Abu Vulkanik Capai 800 Meter

oleh -13 views
Foto: Gunung Ibu mengalami erupsi hari ini (Dok. Istimewa)

Porostimur.com, Jailolo – Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, meletus dan melontarkan abu vulkanik. Abu vulkanik yang dikeluarkan setinggi lebih kurang 800 meter dari puncak kawah gunung.

Dilansir Antara, Minggu (3/3/2024), Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, Axl Roeroe, mengatakan letusan itu terjadi pagi ini pukul 08.07 WIT. Kolom abu tebal mengarah ke selatan dan barat daya.

“Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 20 milimeter dan durasi 190 detik,” kata Roeroe dalam laporan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat untuk selalu mewaspadai aliran lahar pada sungai-sungai yang berhulu ke puncak Gunung Ibu. Masyarakat diminta berkoordinasi dengan pos pengamatan gunung api setempat.

Link Banner

Gunung Ibu berada pada status level II atau waspada dengan rekomendasi masyarakat di sekitar gunung berapi tersebut agar tidak beraktivitas di dalam radius 2 kilometer dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif. Gunung Ibu merupakan gunung api bertipe strato volcano yang memiliki ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut terletak di barat laut Pulau Halmahera, Maluku Utara.

No More Posts Available.

No more pages to load.