Gunung Ibu Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 5 Kilometer, Status Masih Level Awas

oleh -7 views

Porostimur.com, Jailolo – Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan status Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara, masih berada pada level awas hingga 4 Juni 2024. Ketinggian kolom abu teramati 5.000 meter di atas puncak gunung.

“Tingkat aktivitas Gunung Ibu 4 Juni 2024 pukul 12.00 WIT masih tetap di Level IV (awas),” demikian pernyataan resmi PVMBG, Selasa (4/6/2024).

Berdasarkan pengamatan pada Senin (3/6), terjadi erupsi tetapi tinggi kolom erupsi tidak teramati. Terdengar suara dentuman hingga ke Pos PGA Ibu.

“Pada 4 Juni terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu sekitar 5.000 meter di atas puncak, berwarna kelabu hitam dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut,” sambungnya.

Baca Juga  Mirati Dewaningsih: Saya Mundur dari DPD untuk Maju di Pilkada Maluku Tengah

Pihak PVMBG mengatakan aktivitas vulkanik Gunung Ibu memang masih tinggi. Masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung diimbau agar tidak beraktivitas.

“(Termasuk mendaki dan mendekati Gunung Ibu dalam radius 4 km dan sektoral 7 km dari arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu,” katanya.

Warg juga diimbau mengenakan masker dan kacamata apabila beraktivitas di luar rumah. Warga juga diminta mewaspadai potensi lahar di sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Ibu.

No More Posts Available.

No more pages to load.