H+4 Idul Fitri, Arus Balik di Pelabuhan Penyeberangan Bastiong Masih Sepi

oleh -57 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Bastiong, Ternate masih sepi pemudik. Bahkan terjadi di H+4 lebaran, kendati pihak pelabuhan kembali melakukan pola operasi kapal secara bolak-balik.

Amatan porostimur.com pagi tadi, Rabu (27/5/2020) nampak pengguna jasa banyak didominasi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kembali bekerja di wilayah Pemerintahan Provinsi Maluku Utara yang menyeberang ke ibukota Sofifi. Sedangkan pemudik dari Halmahera masih nampak sepi.

Ansyahari Pora, petugas Bidang Pencegahan Percepatan Covid-19 Provinsi Maluku Utara mengatakan, pada lebaran hari ke empat ini, kelihatan penumpang yang balik juga tidak terlalu banyak hal dapat dilihat dari manefes kapal jumlah penumpang rata-rata 50 sampai 70 orang penumpang.

Baca Juga  Jumat Besok Komisi II DPRD Kepulauan Sula Panggil Kadis Pendidikan

Sedangkan untuk pemudik yang berkategori mahasiswa dan pelajar belum melakukan aktivitas mudik, “sehingga saat ini arus balik belum terlihat. Tapi diprediksi lonjakan arus balik akan terjadi pada pasca Lebaran hari ketujuh nanti,” jelasnya.

Link Banner

Ansyahari menambahkan, mengantisipasi puncak arus balik nanti pihaknya sudah melakukan kesiapan untuk pelayanan, baik transportasi serta kebutuhan pengguna jasa lainnya.

Selain itu, posko untuk pelayanan kesehatan juga telah tersedia dengan baik untuk penumpukan arus balik penumpang.

“Hal ini selain agar ada kesiagaan dalam memberikan kenyamanan bagi para penumpang, seperti pada arus mudik sebelumnya, juga agar petugas dapat maksimal menerapkan prosedur kesehatan Covid-19”, tutup Ansyahari. (red)